Karburator Bisa Ambrol Jika Sering Dibongkar

Beberapa kali main ke bangkel dekat rumah yang merupakan bengkel ndeso, saya seringkali menjumpai sepeda motor berumur di atas 10 tahun yang sudah soak drat bautnya. Dari umurnya memang wajar jika sudah harus dilakukan penggantian karena beberapa bagian sudah aus.
Karburator yang sudah soak ini menurut juragan bengkel disebabkan oleh seringnya dibongkar pasang dan dengan cara yang kurang tepat, selain karena faktor umur. Perawatan dan perlakuan yang keliru juga bisa menyebabkan ambrolnya karburator sepeda motor, misalnya saat kondisi diam tuas gas ditarik ulur buat mainan dan sebagainya.
Akibat ambrolnya karburator antara lain borosnya bbm, stasioner kacau, bensin rembes keluar karbu, dan motor susah dihidupkan mesinnya.
Solusi singkat namun agak mahal untuk mengatasi soaknya karburator ini adalah dengan menggantinya. Bisa dengan produk asli bawaan pabriknya baru maupun bekas, atao memakai merk pasaran kualitas kw.
Bagi para sobat yang sepeda motornya masi menggunakan karburator untuk pengkabutan bbmnya, maka biar karburator tetap awet cukup dibersihkan dengan penyemprotan karburator cleaner seperlunya dan jangan main puntir gas saat mesin mati. Karburator mungkin cukup dibongkar kalau ada setelan yang kurang pas, dan cukup dibongkar setiap 10.000 km saja.
Demikian tulisan saya, kalau ada yang kurang tepat monggo dikoreksi.
Salam…

Tinggalkan komentar