Kuras Minyak Power Steering Motuba

Assalamualaykum..

Mobil2 kelas menengah era 80 sd. awal 2000an hampir semua memakai teknologi power steering hidrolis agar lebih mudah dikendarai karena puter stir tak lagi berat ala mobil berfitur power sepiring..heheheh….

Agar sistem power steering tersebut awet, diperlukan perawatan berkala dan salah satunya adalah dengan mengganti minyak/oli power steering.

Oli power steering sendiri ada beberapa spek yang tentunya tiap merk mobil merekomendasikan spek tertentu untuk mobil produksi mereka. Semisal Honda yang punya produk Honda PSFS (Power Steering Fluid S) atau Toyota yang merekomendasikan ATF Dexron 2 buat mobil Toyota keluaran tahun 80 n 90an..n ATF Dexron 3 untuk mobil keluaran 2000an.

Pada hari Sabtu kmaren tanggal 17 November 2018 saya menjadwalkan motuba Kijang saya untuk kuras n ganti minyaknya dengan Oli ATF Dexron 3 sesuai anjuran pabrikan. Dibantu 1 orang teman yang membuka klem selang balik d bawah mesin, saya bertugas menyalakan/memstikan mesin n menuangkan oli ps yang baru ke dalam tabung cadangan/reservoir oli ps hingga oli yg berada di tabung tersebut nampak jernih. Butuh 1 liter oli ps baru untuk melakukan ritual tersebut. Jika kondisi minyak ps yang lama kotor banget bahkan sampai nampak menghitam, bisa saja menghabiskan 2 sampai 3 liter oli baru.
Ritual kuras minyak ps ini rutin saya lakukan setiap 1 kali setahun dengan harapan power steering awet dan handling ttp mantabh.

Semoga bermanfaat gaaesss…

Wassalamualaykum.Wr.Wb. ๐Ÿ˜Ž

Corolla Twincam Owners Club

1891229_739625306049477_1075429172_n

Corolla Twincam Owners Club atau biasa dikenal dengan sebutan CTOC merupakan komunitas bagi pemilik, pecinta, dan penggemar Toyota Corolla Varian Twincam dengan kode body AE92 pada khususnya dan Corolla dengan mesin Twincam pada umumnya. CTOC resmi berdiri pada 1 Muharam tahun kemarin.

 

Hingga saat ini anggota CTOC sudah lebih dari 70 (Tujuh puluh) orang yang sudah terdaftar dengan kode berdasarkan domisili masing-masing anggota. Kode registrasi ini ada JTM untuk anggota yang berdomisili di wilayah Jawa Timur, JTG untuk anggota di wilayah Jawa Tengah dan DIY, serta JBR untuk anggota yang berdomisili di wilayah Jawa Barat, DKI, dan Banten. Untuk memudahkan koordinasi antar anggota, ditetapkan kepengurusan di masing-masing wilayah.

Memiliki semboyan “Satu Corolla Sejuta Saudara” CTOC tumbuh dengan pesat bak jamur di musim penghujan. Bagi pembaca sekalian yang ingin bergabung, bisa segera meluncur ke TKP untuk lebih memahami seluk-beluk Corolla Twincam.

Facebook: https://www.facebook.com/groups/209536825885092/

Web CTOC: http://www.corollatwincamownersclub.com/

[MOTUBA] Kaca Film Bening dan Tas di Jok Favorit Pencuri

Assalamualaikum..

Gambar

(gambar dari modifikasi.com)

Apa kabar sobat sekalian? Saya doakan semoga selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa.. ๐Ÿ™‚ . Kali ini saya akan berbagi kisah nyata tentang musibah yang dialami teman kantor dengan motuba kebanggannya.. Honda Accord Cielo tahun 1994 yang masih mulus.

Teman saya ini mengalami musibah saat baru beberapa menit memarkir mobilnya di pinggir jalan raya depan kantor saya (tidak diparkir di area dalam kantor). Parkir di sisi kanan dan menghadap ke arah timur, kaca sebelah kiri depan Motuba kesayangan dia ini dipecah maling yang mengambil bungkusan di jok kiri depan. Kaca film Motuba teman saya ini “gelapnya” kira2 hanya sekitar 20 persen alias terang banget mirip akuarium :mrgreen: .

Yang menambah semangat para maling untuk mencuri bungkusan di jok kiri depan itu adalah teman saya kebetulan dari salah satu Bank BUMN dengan santainya menenteng dan meletakkan bungkusan itu di jok kiri dengan kaca film yang terang benderang. Untung saja bungkusan di tas plastik tersebut bukanlah uang, namun struk pembayaran yang warnanya agak kemerahan mirip uang pecahan seratus ribuan..hehehe.. (kaca pecah kog ya masih ada untungnya) :mrgreen:

Nah..dari kejadian ini dapat saya simpulkan bahwa jika sobat sekalian punya mobil dengan kaca film yang relati bening sehingga bagian dalam atau interiror mobil dapat dengan mudah dilihat siapa pun agar llebih berhati-hati dalam membawa barang berharga. Sebisa mungkin barang-barang yang sekiranya dapat mengundang maling, disimpan di bagasi atau tas dan dibawa ke manapun sobat pergi. Solusi selanjutnya adalah melengkapi mobil berkaca film bening dengan korden atau asesoris lain yang sejenis, mengganti atau melapisi ulang kaca film dengan yang sedikit lebih gelap dan memarkir kendaraan di tempat yang lebih aman serta yang lebih utama adalah berdoa kepada Sang Pencipta.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikumย 

Mematikan Mesin dan Lampu Utama Pada Malam Hari Saat Berhenti di Perlintasan Kereta Api

Gambar

Setiap nyetir malam hari dan ketika harus berhenti di perlintasan kereta api menunggu kereta api lewat, lampu utama dan mesin selalu saya matikan, jadi hanya menyalakan lampu kota saja. Hal ini saya lakukan dengan tujuan agar pengendara lain di arah seberang tidak silau oleh sorot lampu saya dan meminimalisir polusi bagi pengguna jalan lain utamanya para bikers.

Nah..bagaimanakah dengan sobat sekalian jika menemui kondisi seperti ini?

๐Ÿ™‚

Melapis Cover Body Vario

Kemarin sore waktu mencuci Vario 125 kesayangan, ternyata di sayap sebelah kiri sudah ada cat yang mengelupas entah tergores apa. Meski hanya sedikit, namun saya rasa kalau nggak segera ditutup stiker akan nambah lebar tuh area cat yang mengelupas. Ternyata memang tipis bener nih catnya Vario 125 n rawan baret karena desain bodynya yang meruncing.
Tadi pagi akhirnya saya meluncur ke tukang stiker sekalian mau melapis cover body dengan skotlet transparan untuk mengantisipasi kemungkinan tergores di waktu mendatang. Dengan harga skotlet includ pasang hanya 35 ribu rupiah saya kira cukup murah.
Berikut penampakannya…
1. Sayap kiri yang baret sedikit

image

2. Mulai pemasangan

image

3. Setelah selesai

image

image

Sekian..semoga share ini bermanfaat.., Mari kita nonton Moto Gp…hehehe…
Wassalam…

Karburator Bisa Ambrol Jika Sering Dibongkar

Beberapa kali main ke bangkel dekat rumah yang merupakan bengkel ndeso, saya seringkali menjumpai sepeda motor berumur di atas 10 tahun yang sudah soak drat bautnya. Dari umurnya memang wajar jika sudah harus dilakukan penggantian karena beberapa bagian sudah aus.
Karburator yang sudah soak ini menurut juragan bengkel disebabkan oleh seringnya dibongkar pasang dan dengan cara yang kurang tepat, selain karena faktor umur. Perawatan dan perlakuan yang keliru juga bisa menyebabkan ambrolnya karburator sepeda motor, misalnya saat kondisi diam tuas gas ditarik ulur buat mainan dan sebagainya.
Akibat ambrolnya karburator antara lain borosnya bbm, stasioner kacau, bensin rembes keluar karbu, dan motor susah dihidupkan mesinnya.
Solusi singkat namun agak mahal untuk mengatasi soaknya karburator ini adalah dengan menggantinya. Bisa dengan produk asli bawaan pabriknya baru maupun bekas, atao memakai merk pasaran kualitas kw.
Bagi para sobat yang sepeda motornya masi menggunakan karburator untuk pengkabutan bbmnya, maka biar karburator tetap awet cukup dibersihkan dengan penyemprotan karburator cleaner seperlunya dan jangan main puntir gas saat mesin mati. Karburator mungkin cukup dibongkar kalau ada setelan yang kurang pas, dan cukup dibongkar setiap 10.000 km saja.
Demikian tulisan saya, kalau ada yang kurang tepat monggo dikoreksi.
Salam…

Tarif PPNBM Naik, Yamaha Batal Jual Moge di Indonesia

Yamaha memang tengah
mempersiapkan 4 moge untuk diluncurkan di
Tanah Air. Keempat motor itu adalah Yamaha R1,
R6, TMax dan VMax yang dikabarkan akan
meluncur akhir tahun ini.
Tapi pecinta moge Yamaha di Indonesia harus
bersabar, sebab Yamaha tidak jadi meluncurkan 4
moge itu di tahun ini.
“Moge bisa jadi mundur lagi jadi tidak tahun ini,”
tegas General Manager Marketing Communication
& Community Development PT YIMM, Eko
Prabowo di sela-sela acara Halal Bihalal Yamaha
dengan media di Citos, Jakarta Selatan
(23/8/2013).
Sebelumnya Eko menuturkan tidak ada lagi motor
baru Yamaha yang akan diluncurkan tahun ini.
Eko menambahkan, selain ada beberapa hal yang
belum siap mundurnya peluncuran moge-moge
itu dikarenakan pajak Penjualan Barang Mewah
(PPnBM) untuk mobil mewah Complety Buit Up
(CBU) telah dinaikkan oleh pemerintah dari 125
persen hingga 150 persen.
Selama ini tarif PPnBM roda dua berkapasitas
silinder lebih dari 500 cc pada angka 75 persen.
“Kalau melihat PPnBM naik lagi seperti ini bisa
jadi mundur karena faktor ini. Masalahnya
naiknya itu bukan hanya 2 persen atau beberapa
persen, kenaikannya cukup drastis,” pungkasnya.
Sumber: detik.com

Cabut Berkas Motuba ke Samsat Gresik

Membeli mobil bekas di lain daerah atau di lain Provinsi memang sesuatu banget. Paling ribet adalah waktu mau membayar pajak tahunan mobil tersebut. Sobat semua tahu kan.. kalau kita mau membayar pajak kendaraan bermotor harus menyertakan fotokopi KTP/KK dan menunjukkan yang asli kepada petugas Samsat sesuai nama yang tertera di STNK selain membawa STNK yah tentunya.

Kalau pemilik lama berdomisili di Provinsi lain, biasanya pembayaran pajaknya bisa kita serahkan kepada biro jasa atau kita urus sendiri dengan konsekuensi memakan waktu,tenaga dan biaya lebih. :mrgreen:

So..kalo ada waktu buat mutasi kendaraan..lebih baik dimutasi aja…repot bentar tapi selanjutnya gak perlu bingung minjem KTP atau minta tolong biro jasa buat ngurus pembayaran pajak kendaraan. ๐Ÿ™‚

Nah, kali ini ane mau coba share pengalaman ane mengurus sendiri mutasi motuba ane di Kantor Samsat Gresik. Oiya, yang akan ane bahas di sini adalah proses cabut berkas dulu yah gan..hehehe… ๐Ÿ™‚

Berikut tahapan-tahapan dalam proses cabut berkas di Kantor Samsat Gresik:

1. Berdoa dulu dan siapkan uang ๐Ÿ™‚

2. Siapkan STNK,ย  BPKB, Kuitansi pembelian bermeterai 6000ย  (asli),ย  2 rangkap fotokopi STNK dan BPKB, kuitansi pembelian dan 1 buah stop map.. ,lalu…

* fotokopi 2 rangkap ane maksudkan untuk diserahkan ke petugas Samsat 1 set dan yang satunya buat arsip ajah ๐Ÿ™‚

3. Berkas siap di dalam stop map lalu kita serahkan kepada petugas gudang arsip untuk dicari berkas2 terkait keabsahan surat2 kendaraan kita, lalu…

4. Dari gudang arsip kita akan diarahkan ke loket pendaftaran dan selanjutnya ke loket cek fisik untuk diberi kertas gesek. Lalu petugas loket cek fisik memerintahkan petugas cek fisik untuk gesek nomor rangka n nomor mesin kendaraan..setelah selesai maka kertas gesek itu tadi kita jadikan satu untuk kita serahkan lagi ke loket cek fisik dan diperiksa petugas loket.

*cek fisik Gratis

5. Selesai dicek petugas loket cek fisik, berkas kita serahkan ke loket fiskal untuk nantinya dibuatkan Surat Keterangan Fiskal dan di loket ini juga kita akan diwajibkan melunasi tunggakan pajak kendaraan dulu (jika ada tunggakan pajak).

* Surat Keterangan Fiskal difotokopi rangkap 5 biar mantab, hehe :mrgreen:

6. Terakhir, berkas kita serahkan kepada petugas di loket mutasi keluar dan kita akan diberi Surat Keterangan Pengganti STNK dilampiri fotokopi Surat Keterangan Fiskalย  yang gunanya sebagai pengganti STNK biar kita tetep legal membawa kendaraan di jalan raya.

* disebut juga dengan surat jalan

Nah.. demikianlah tahapan2 yang ane lalui selama proses cabut berkas motuba di Samsat Gresik hari Sabtu tanggal 23 Juni kemarin dan berikut ini adalah rincian biaya yang harus ane keluarken:

1. BBM motuba 150 rb rp

2. Air minum dan snack 20 rb rp

3. Fotokopi BPKB, STNK, Kuitansi, dan beli map serta meterai habis 15 rb rp

4. Parkir di Samsat 2 rb rp

Total biaya hanya 187 ribu rupiah..hehehe :mrgreen:

Nah..kalo biaya nettnya di Samsat cuma habis 17 ribu saja gan…buat potokopi dll n parkir aja ๐Ÿ™‚

Sekian.. semoga berguna… ๐Ÿ™‚