PTKP mau dinaikkan..gimana tanggapan Anda??

Hmm..kali ini saya mau membahas soal rencana pemerintah yang akan menaikkan besaran PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) menjadi minimal dua juta rupiah per bulan. PTKP sendiri menurut wikipedia adalah pengurangan terhadap penghasilan bruto orang pribadi atau perseorangan sebagai wajib pajak dalam negeri dalam menghitung penghasilan kena pajak yang menjadi objek pajak penghasilan yang harus dibayar wajib pajak di Indonesia..atau lebih mudahnya PTKP adalah batas terendah penghasilan yang tidak dikenakan pajak.

Sesuai dengan Pasal 7 Undang-Undang No. 36 Tahun 2008    disebutkan sbb:

(1) Penghasilan Tidak Kena Pajak per tahun diberikan paling sedikit sebesar:

  1. Rp15.840.000,00 (lima belas juta delapan ratus empat puluh ribu rupiah) untuk diri Wajib Pajak orang pribadi;
  2. Rp1.320.000,00 (satu juta tiga ratus dua puluh ribu rupiah) tambahan untuk Wajib Pajak yang kawin;
  3. Rp15.840.000,00 (lima belas juta delapan ratus empat puluh ribu rupiah) tambahan untuk seorang isteri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1); dan
  4. Rp1.320.000,00 (satu juta tiga ratus dua puluh ribu rupiah) tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan sepenuhnya, paling banyak 3 (tiga) orang untuk setiap keluarga.
(2) Penerapan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan oleh keadaan pada awal tahun pajak atau awal bagian tahun pajak.
(3) Penyesuaian besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Peraturan Menteri Keuangan setelah dikonsultasikan dengan Dewan Perwakilan Rakyat.

Nah..dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa semakin banyak tanggungan maka PTKP semakin tinggi dan otomatis PPh-nya semakin kecil (jika penghasilan sama)..dan tanggungan itu dibatasi maksimal 3 (tiga) orang. Btw, wacana kenaikan PTKP ini disampaikan oleh Bapak Presiden di situs resmi beliau pada hari Jumat tanggal 27 April 2012 sebagaimana diwartakan oleh detik.

Meskipun belum terealisasi, namun beberapa kalangan menyambut dengan gembira termasuk para buruh/karyawan n para pengusaha.

Kesimpulan sederhana dari niatan pemerintah menaikkan PTKP adalah agar beban pegawai yang berpenghasilan di bawah dua juta rupiah per bulan semakin ringan n meningkatkan daya beli masyarakat pada umumnya… kenapa bisa seperti itu??? karena dengan kenaikan PTKP maka akan berimbas pada pembayaran PPh…misal dulunya yang berpenghasilan dua juta rupiah tiap bulan ud kepotong PPh, maka jika niatan pemerintah ini direstui DPR otomatis wajib pajak orang pribadi (karyawan) dengan penghasilan di bawah dua juta rupiah tidak akan dipotong PPh..

Last, gimana pendapat sobat semua terhadap rencana kenaikan PTKP ini???

monggo dishare pendapat sobat semua..trims..:D

 

 

Iklan

Pembatasan bbm..berdasar tahun pembuatan atau kubikasi mesin?

Hmm..akhir2 ini d media cetak n elektronik,warung kopi,n tempat2 umum lain lagi hangat2nya ngerumpi tentang pembatasan bbm subsidi utamany untk mobil..baik yg bbm-nya solar maupun bensin..
Tema ini muncul seiring melonjaknya harga minyak dunia,semakin menipisnya cadangan minyak kita,meningkatnya jumlah kndaraan bermotor,n pembatalan rencana kenaikan harga bbm bersubsidi.. Akhirnya pemerintah melirik opsi pembatasan bbm bersubsidi yg tujuannya untk menyelamatkan apbn agar beban subsidi tdak membengkak..
Awal mulanya rencana pembatasan bbm bersubsidi untk mobil ini akan didasarkan menurut tahun pembuatan..kalo g salah,mobil2 dengan tahun pembuatan 2005 sampe keluaran terkini diwajibkan minum bbm non subsidi..ada juga usulan bahwa sebaiknya dimulai dr mobil2 keluaran tahun 2000 sampe keluaran terkini..
Pilihan ke dua untk pembtasan bbm subsidi ini ad berdasar kubikasi mesin..ada yg usul di atas 1300 cc n ada pula mulai kndaraan d atas 1500 cc..nah,pilihan ke dua ini yg bnyak dpermasalahkan hampir smua kalangan trutama pemilik mobil jadul..
Menurut saya,opsi pembatasan bbm subsidi untk mobil berdasarkan tahun pembuatan saya kira lebih masuk akal daripada berdasarkan kubikasi mesin..
Alasan saya antara lain:
– mobil keluaran terkini yg bnyak populasinya rata2 bermesin 1500 ke bawah
– mobil keluarn sblum th 2000 rata2 memiliki kubikasi mesin d atas 1500
– dari kpemilikan berdasar tahun,secara umum jelas terlihat kmampuan finansial pemilik mbl tsb
– teknologi pengkabutan bhan bakar n spek mesin mobil2 tahun 2000 k atas sbtulnya ud mengharuskan pmakaian bbm non subsidi
– banyak orang kaya yg punya mobil dngan cc d bawah 1500;city car,hatchback,dsj..so artinya jelas bahwa oknum orang kaya mash bnyak yg akan menikmati subsidi bbm..
Nah,itulah beberapa pmikiran saya yg masi lugu awam ini trkait judul d atas..
Tp saya jg mengajak kepada mas bro agan sist smua untk bijak dlm pemakaian energy..jangan boros..cintai alam kita..n isi dompet tentunya..hahaha..
Sekian n salam

Pentingnya Tepat Waktu..

Hmm..dalam setiap undangan yang kita dapatkan baik secara lisan maupun tulisan ataupun janji yang kita buat pastinya diharapkan dapat kita penuhi tepat waktu alias tidak molor kayak karet. Waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga dan waktu tidak dapat kita putar balik..sesuai dengan definisinya menurut KBBI (Kamus Besar bahasa Indonesia) bahwa waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian. Dari definisi tersebut maka dapat saya simpulkan bahwa waktu adalah satuan dari berlangsungnya suatu proses..maksudnya adalah..waktu sama dengan ruang kesempatan…misalnya adalah saat kita diundang ke pesta pernikahan..maka di situ pasti ditentukan waktunya..semakin kita molor atau datang mendekati batas waktu acara..maka kesempatan bersilaturahmi dengan kedua mempelai dalam acara tersebut menjadi berkurang…so..inilah pengertian waktu menurut terawangan angan2 saya..hehehe..

nah..sekarang kita bicara tentang tepat waktu yang berhubungan dengan aktivitas kita sehari-hari..tepat waktu di sini ada bermacam-macam jenis..antara lain.. tepat waktu jam kerja, jam istirahat, jam pulang kerja, jam sekolah, dan sebagainya…

dalam aktivitas sehari-hari..kebiasaan tepat waktu ini menjadi salah satu indikator tingkat kedisiplinan seseorang/kelompok orang. maksudnya adalah..jika seseorang sering telat sudah bisa ditebak dia kurang/tidak disiplin dan sebaliknya..kalau sekali2 n ada alasan yang logis mungkin masi bisa dimaklumi..hehehe..sekarang, mengapa kita harus tepat waktu??karena tentu kita tidak ingin kehilangan kesempatan/momentum..selain itu budaya tepat waktu juga cerminan bahwa kita menghargai orang lain yang ada di sekitar kita (di dalam suatu kegiatan/orang yang menunggu kita)..serta tentunya tidak ingin dimarahi orang yang berkepentingan dengan kita kan..jangan sampai ini terjadi

Tidak tepat waktu akan sangat merugikan kita sendiri dan orang lain yang terkait pada khususnya ..btw, kebetulan di tempat saya kerja diberlakukan aturan yang lumayan keras..yaitu jika telat datang ke kantor di pagi hari n pulang sebelum jam kerja berakhir..maka diberlakukan potong gaji n sanksi lain yang siap menanti..hhhiiiii..syerem dah..so..sedetikpun begitu berharga..:D

Kebiasaan tepat waktu ini perlu kita budayakan n kita galakkan…kalau kita ingat waktu jamannya pak presiden Soeharto ada GDN ( Gerakan Disiplin Nasional) yang mewajibkan semua warga negara terutama aparat pemerintah untuk disiplin yang salah satunya adalah tepat waktu jam kerja..proggram yang sangat bagus namun sayang tidak berkelanjutan..hmmm..

Last..kalo kita ingin negara kita ini makin mantap..salah satu langkah yang harus kita tempuh  adalah mari kita budayakan tepat waktu sesuai bidang kegiatan yang kita jalani mulai diri kita sendiri, dari hal terkecil dan sekarang juga..:D

Wassalamualaikum

 

 

Isi BBM Mobil Pribadi Pakai Kupon BBM dari Kantor..Apa Kata Dunia??hehehe…

Hmmm… rekan2 sekalian.. membahas tentang BBM memang gak ada habisnya..mulai isu kenaikan harga yang ternyata ditunda, mobil pribadi kelas premium nenggak BBM subsidi..hingga yang terbaru ni.. Mobil Mewah milik pribadi neggak Premium..ud gitu ternyata bayarnya pake KUPON BBM dari kantor sodara2..ini saya kasi link-nya…dari detik..

Fortuner Bupati Neggak Premium dari Kantor

hmmm…yang perlu kita renungkan adalah apakah Pak Bupati lagi bokek sampe2 ngisi BBM mobil pribadi pake kupon jatah BBM yang harusnya buat mobil plat Merah??

Sebetulnya fenomena ini ud terjadi sejak lama…sejak saya kerja 6 tahun yang lalu..di spbu2 sering terlihat fenomena menggelikan n memprihatinkan ini…tidak hanya oleh pejabat2 tinggi saja..banyak pula PNS biasa yang melakukan kecurangan ini..

Sewaktu ada kesempatan..saya pernah bertanya kepada oknum PNS yang ngisi boil pribadinya dengan kupon BBM dari kantor yang harusnya untuk mobil plat merah…nah..dari jawaban mereka dapat saya rangkum sbb alasannya:

-mobil plat merah di kantor tidak mecukupi jumlahnya untuk keperluan dinas saat hari itu..so akhirnya terpaksa mereka berangkat menjalankan tugas dinas dengan kendaraan pribadi

-mobil plat merah di kantor ud jelek n gampang mogok..so akhirnya terpaksa mereka berangkat menjalankan tugas dinas dengan kendaraan pribadi

-kalo bawa mobil plat merah maka sepulangnya dari tugas dinas ngrasa jadi gak bebas buat mampir2 ke pasar, mall, ato t4 lainnya..so akhirnya terpaksa mereka berangkat menjalankan tugas dinas dengan kendaraan pribadi

-mobil pribadi ud mepet bensinnya..so.. dibawa aja lumayan dapat gratisan bensin..hehehee..

nah…itulah alasan2 yang disebutkan beberapa oknum PNS yang ngisi BBM Mobil pribadi dengan kupon jatah BBM buat boil plat merah…

btw..banyak pula lho..PNS yang menjalankan tugas dinas tapi terpaksa bawa mobil pribadi karena gak kebagian mobil plat merah..n ngisi BBM-nya pake duit pribadi..salut dah…:D

Mulai belajar (lagi)…

Assalamualaikum…

Hmmm..setelah sekian lama membaca berbagai macam blog..akhirnya saya tertarik terjun di dunia perbloggerran..hehee..saya hanya seorang pekerja yang menghabiskan banyak waktu di kantor..dari pagi sampe sore..kadang malam hari baru pulang..sungguh rutinitas yang sangat membosankan bagi kebanyakan orang…

jadi..dengan blog ini saya ingin belajar n berbagi kepada pembaca blog sederhana ini…masi nubie..perlu banyak belajar n belajar lagi…karena ilmu yang menjaga kita..bukan harta..hehehe

sekian..and salam kenal buat penghuni wordpress

Wassalamualaikum