PTKP mau dinaikkan..gimana tanggapan Anda??

Hmm..kali ini saya mau membahas soal rencana pemerintah yang akan menaikkan besaran PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) menjadi minimal dua juta rupiah per bulan. PTKP sendiri menurut wikipedia adalah pengurangan terhadap penghasilan bruto orang pribadi atau perseorangan sebagai wajib pajak dalam negeri dalam menghitung penghasilan kena pajak yang menjadi objek pajak penghasilan yang harus dibayar wajib pajak di Indonesia..atau lebih mudahnya PTKP adalah batas terendah penghasilan yang tidak dikenakan pajak.

Sesuai dengan Pasal 7 Undang-Undang No. 36 Tahun 2008    disebutkan sbb:

(1) Penghasilan Tidak Kena Pajak per tahun diberikan paling sedikit sebesar:

  1. Rp15.840.000,00 (lima belas juta delapan ratus empat puluh ribu rupiah) untuk diri Wajib Pajak orang pribadi;
  2. Rp1.320.000,00 (satu juta tiga ratus dua puluh ribu rupiah) tambahan untuk Wajib Pajak yang kawin;
  3. Rp15.840.000,00 (lima belas juta delapan ratus empat puluh ribu rupiah) tambahan untuk seorang isteri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1); dan
  4. Rp1.320.000,00 (satu juta tiga ratus dua puluh ribu rupiah) tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan sepenuhnya, paling banyak 3 (tiga) orang untuk setiap keluarga.
(2) Penerapan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan oleh keadaan pada awal tahun pajak atau awal bagian tahun pajak.
(3) Penyesuaian besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Peraturan Menteri Keuangan setelah dikonsultasikan dengan Dewan Perwakilan Rakyat.

Nah..dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa semakin banyak tanggungan maka PTKP semakin tinggi dan otomatis PPh-nya semakin kecil (jika penghasilan sama)..dan tanggungan itu dibatasi maksimal 3 (tiga) orang. Btw, wacana kenaikan PTKP ini disampaikan oleh Bapak Presiden di situs resmi beliau pada hari Jumat tanggal 27 April 2012 sebagaimana diwartakan oleh detik.

Meskipun belum terealisasi, namun beberapa kalangan menyambut dengan gembira termasuk para buruh/karyawan n para pengusaha.

Kesimpulan sederhana dari niatan pemerintah menaikkan PTKP adalah agar beban pegawai yang berpenghasilan di bawah dua juta rupiah per bulan semakin ringan n meningkatkan daya beli masyarakat pada umumnya… kenapa bisa seperti itu??? karena dengan kenaikan PTKP maka akan berimbas pada pembayaran PPh…misal dulunya yang berpenghasilan dua juta rupiah tiap bulan ud kepotong PPh, maka jika niatan pemerintah ini direstui DPR otomatis wajib pajak orang pribadi (karyawan) dengan penghasilan di bawah dua juta rupiah tidak akan dipotong PPh..

Last, gimana pendapat sobat semua terhadap rencana kenaikan PTKP ini???

monggo dishare pendapat sobat semua..trims..:D

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s