Kakek penjual pepaya..

Hai kawan..mlm ini sambil merenung introspeksi diri..saya teringat kejadian yg membuat saya terharu..
Yap,beberapa hari yang lalu ban mobil saya kempes karena bocor alus kena paku..yah untung aja tipe tubeless,jadinya masi aman kalo dpompa smentara wkt sambil sy bw ke bengkel tambal ban terdkat..tidak saya ganti dngan ban cadangan karena waktu saya pompa,ban yg tertusuk paku tersebut masi bisa menyimpan n trjaga tekanan anginnya..
Setibanya di tempat tambal ban kebetulan ketemu tetangga yg juga bocor ban sepeda motor..yah akhirnya sambil nunggu tukang tambal bannya sarapan,kami ngobrol2 dulu..
Di tengah obrolan saat itu saya dikejutkan oleh seorang kakek renta yg menanyakan tukang tambal ban..sambil membawa pikulan karung beras,kakek tersebut masuk ke dalam rumah tukang tambal ban..
Nah sang kakek pun akhrnya dtemui tukang tambal ban bserta istri n anaknya..saya makin penasaran dngan apa yg ada d dalam bungkusan karung beras yg dipikul sang kakek yg lbh memilih duduk d dpan rumah saja setelah menemui tukang tambal ban..
Akhrnya saya mendekat..ternyata beliau menawarkan pepaya hasil panenan d kebun..dengan bersahaja sang kakek minta sisa pepaya yg dia bawa dibeli semua dngan harga 300 rupiah per biji..n saat it hanya tersisa 3 bijian saja..
Saya kaget n trharu melihat kejadian it..seorang kakek yang ud renta yg entah dari mana asalnya,untk menyambung hidup harus berusaha keras dngan berjualan pepaya dngan harga 300an per biji..gak tau dah hari it beliau dpt uang berapa..
Trenyuh..d saat kita d dunia maya yg sering ngmg ngalor ngidul bahas kegalauan karna bngung mau beli motor seharga puluhan jua rupiah..ternyata masi ada kakek renta yg dmi brtahan hdup,beliau ud sangat senang jika pepaya seharga 300an rupiah it trjual..hati tersentak karena ingat seringnya buang uang buat hal sia2..
Akhirnya oleh tukang tambal ban tsb dibeli dngan harga tinggi..hampir 10 kali lipat..tp tetep aja nilainya gak seberapa..masi lbh mahal sebungkus rokok isi 16 batang yg ludes dlm wktu kurang dr 1 hari..
Dngan pnuh ktenangan sang kakek pun berpamitan untk melanjutkan perjalanan..
Yah tentu ada beberapa nilai yg dpt saya ambil dr kejadian tersebut..
Sekian sekedar share dini hari ini..semoga bermanfaat

Iklan

Konvoi Kelulusan Ujian Nasional…Menyusahkan dan Meresahkan Pengguna Jalan..

Hai kawan..bulan2 ini merupakan bulan penuh kegalauan n kegembiraan bagi para pelajar khususnya pelajar setingkat SLTA dan SMP di negara kita…galau karena menunggu hasil/pengumuman kelulusan UN ataupun kalo gak lulus dan gembira jika ternyata bisa lulus…

Pengumuman kelulusan setingkat SLTA diselenggarakan pada hari sabtu tanggal 26 mei 2012..nah..seperti biasanya untuk mensyukuri kelulusan itu sebagian besar dari mereka/pelajar yang lulus mengadakan konvoi dengan kendaraan bermotor n corat-coret baju seragam mereka dengan menggunakan cat spray..bahkan tak sedikit pula mereka melakukan aksi corat-coret di fasilitas2 umum di sepanjang jalan yang mereka lalui..

Aksi konvoi kendaraan bermotor ini sejatinya dilarang keras oleh sekolah mereka masing2..namun apa daya…dilarang di dalam lingkungan sekolah yaah..corat-coret aja di luar sekolah..dilarang konvoi..bisa janjian di tempat lain…huh…anak muda jaman sekarang..sudah jamak pula bahwa aksi yang mereka lakukan ini sangat menggangu kepentingan umum, meresahkan, n menyusahkan pengguna jalan yang lain..

terkait hal ini…kemarin pagi waktu saya sedang dalam perjalanan dinas dari nganjuk ke kediri, secara kebetulan ketemu dengan rombongan lulusan SLTA yang mengadakan konvoi menggunakan sepeda motor..dengan bangganya mereka mencorat-coret seragam n dengan arogan pula memaksa para pengguna jalan yang lain untuk minggir dengan ancaman dipukul pake tongkat pramuka atau disemprot pake cat spray..sungguh menjengkelkan karena terpaksa saya juga harus ngalah..minggir karena jalanan dipenuhi oleh mereka…dengan knalpot free flow yang terus meraung-raung karena permainan gas sepeda motor serta teriak2 gak jelas…para pengguna jalan yang lain pun hanya bisa “nyebut” n geleng2 kepala..prihatin dengan aksi sekitar 1.000-an lulusan alay tersebut…

polisi pun seolah-olah dibuat tak berdaya…tidak ada tindakan tegas meski aksi ini sangat meresahkan pengguna jalan yang lain..yah..memang pastinya aksi ini tanpa ijin dari pihak kepolisian n mendadak..dengan riding style yang seenaknya..zig-zag,potong kompas kendaraan lain,boncenger yang mengangkangkan kakinya biar kendaraan lain minggir,boncenger yang dengan santainya duduk dengan posisi punggung membelakangi rider,dsb..mereka tanpa rasa berdosa sudah mengganggu kenyamanan pengguna jalan yang lain…riding tanpa helm, nyeker bhakan tanpa baju pun mereka lakoni…menyebalkan n tentu sangat berbahaya…yah..pastinya di daerah2 lain juga begitu..

harapan saya semoga untuk tahun2 selanjutnya..aksi ini bisa diredam oleh aparat keamanan,pihak sekolah, n pihak terkait lainnya…

Iritnya Supra x 125 pgmfi…

Hai kawan…kebetulan hari ini tadi ane punya kesempatan uji konsumsi BBM supra pgmfi tahun 2011 tunggangan ane sehari-hari..karena jujur saya sendiri juga penasaran alias pengin tahu berapa fc bbm supra ane ini..maklum..sejak beli februari 2011, motor ini hanya saya pake berkendara dalam kota aja n sesekali mudik ke kampung halaman namun gak kepikiran ngitung konsumsi bbm-nya..

Jalur yang ane gunakan untuk uji konsumsi BBM adalah jalur Nganjuk-Kediri pp melalui kecamatan pace,dst sampe tujuan di Kota Kediri..yah kebetulan ane ke kediri juga karena boil yang tadi pagi ane minta tolong buat diservis ac-nya kepada pak satpam di bengkel ac kediri kurang pembayarannya…xixixixi…terpaksa deh ane susul buat bayar kekurangannya..

berangkat dari nganjuk, ane sempetin dulu isi pertamax di SPBU depan terminal Nganjuk sampe full..start dari SPBU Nganjuk dengan posisi odometer pada 6.037,3 km…berangkat sekitar jam 11 siang, kondisi jalanan lumayan lancar di tengah terik matahari…yah motor sering ane panteng di 90kmpj on speedo..n sesekali menyentuh 100 kmpj di jalan sepi..n juga kadang mengurangi kecepatan menyesuaikan kondisi jalan…kecepatan bervariasi..namun sering stop n go sejak masuk kota kediri karena lalin yang lumayan padat..

setelah melunasi pembayaran perbaikan ac n urusan dengan teman kerja di kediri beres, ane pun balik ke nganjuk dengan riding syle yang bisa dibilang sama saat berangkat ke kediri…kecepatan bervariasi n di jalan sepi ane pacu antara 80 s.d. 100 kmpj..

setelah masuk nganjuk, ane isi kembali BBM supra pgmfi ini di SPBU yang sama dengan pengisian awal sebelum berangkat…dengan 1,100 liter pertamax tangki terisi penuh lagi..tak lupa setelah isi ane minta struk n jepret odomoter di depan pom bensin..tercatat 6.105,8km…berarti jarak tempuh adalah sejauh 68,5km..berarti dengan angka2 tersebut dapat kita ketahui bahwa per 1 liter pertamax, supra pgmfi mampu menempuh jarak 62,3 km..irit yah..hehehe…

*******

*jarak temph

=6.105,8 km-6.037,3 km= 68,5 km

*konsumsi bbm

=68,5 km:1,100 l=62,3 km/l

*berat badan ane = 85 kg..wkwkwkwk…

pic..

posisi awal odo sebelum berangkat

posisi akhir odo

konsumsi bbm hanya 1,100 liter untuk 68,5 km perjalanan…:D

oiya..tuh digit rupiahnya ngaco..

sekian semoga bermanfaat…yah..mungkin aja ada yang minat sama supra pgmfi seken…recomended banget lah nih motor..minim perawatan n irit bbm tentunya…

 

Keracunan Strutbar Depan..

well..kali ini saya akan share tentang manfaat pemasangan strutbar di mobil atau yang lebih kita kenal dengan istilah stabiliser..yah..mungkin ulasan saya ini udah basi..namun saya akan menulis berdasar pengalaman saya sendiri..setelah pemakaian strutbar di mobil corolla ane yang kemarin baru saja saya ajak melewati berkelok-keloknya jalur kasembon-malang dalam rangka tugas..

yap..emang dsar ud keracunan..hasrat beli sturtbar depan yang ud ane tahan2 kurleb setahun akhirnya tak terbendung juga..hehehe..dengan sisa dana dari gaji bulanan akhirnya saya bertekad beli strutbar buat corolla ane seharga 700 rb rupiah..barang oem copotan corolla gti…setelah barang di tangan, akhirnya segera saya bawa ke bengkel terdekat agar dipasangkan..ane beli strutbar yang 3 point..menghubungkan antara shockbreker kanan kiri n firewall yang di bawah wiper itu…

kebetulan kamis pagi saya dapat tugas ke malang..yah dengan semangat penasaran ane ud pengen ngrasain bedanya antara sebelum pake strutbar n setelah pake..baik di jalur lurus ataupun berkelok…berangkat jam 5 pagi dari nganjuk ngambil rute ke arah kertosono yang lurus n lumayan mulus aspalnya…nyoba perlahan sampe mobil melaju di kec 120 kmpj..hmm..makin stabil n manteb..tapi kec tersebut gak bertahan lama karena tentu bahaya n gak safety serta di jalan umum yang di sekitarnya banyak sawah..takut ada hewan ternak mendadak nyebrang..hehehe..kec akhirnya saya kurangi n stabil 60-70 kmpj sampai pare..stelah itu makin pelan karena jalanan makin ramai n silau cahaya matahari..

nah, akhirnya nyampai juga di kasembon yang jalurnya rata2 berkelok…saat melalui tikungan yang lumayan tajam..mobil terasa nurut aja diajak belok kanan kiri n gejala limbung di tikungan berkurang drastis..makin pede dah n otomatis makin safety juga..dengan lancar saya libas semua tikungan tanpa rasa was2 mobil akan limbung..mobil terasa lincah di tikungan..hmm..manteb dah…

Btw kalo buat harian n jalan pelan aja di jalur lurus emang gak begitu terasa efeknya…namun beda ceitanya kalau di tikungan n dipacu saat kec tinggi maka akan terasa lebih lincah n stabil..

yah sekian cerita dari ane..kalo kawan2 juga penasaran n ingin meningkatkan kualitas handling mobilnya..monggo pasang strutbar..heheheh

Uang bukanlah segala-galanya..

Uang selalu identik dengan penghasilan n kesejahteraan seseorang..meskipun tidak selalu benar.. uang..yang sebenarnya hanya merupakan alat tukar/alat pembayaran seringkali menjadi ukuran utama penghargaan..entah itu terkait hasil pekerjaan, kompetisi,dan sebagainya..

nah..kali ini saya akan berbagi cerita tentang pembicaraan saya dengan nyonya beberapa menit yang lalu terkait uang..nyonya saya ini berprofesi sebagai dhukun bayi bidan..hehehe..

pada hari senin kemarin dia pergi ke kampung sebelah karena diminta untuk membantu proses persalinan..dari jam 10 pagi sudah berangkat n sampe jam 6 petang baru pulang..karena ternyata ada kejadian gawat darurat sehingga perlu dibawa ke rumah sakit..namun alhamdulillah bayinya lahir dengan selamat n ibunya juga selamat meski butuh perawatan lebih lanjut karena sesuatu hal..meski keliatan capek, namun nyonya terlihat senang karena sukses nolong orang melahirkan dengan selamat meski ud rutinitasnya sehari-hari..

setelah cerita panjang lebar tentang proses persalinan..akhirnya dia cerita tentang bayaran yang diperoleh dari pasiennya tersebut..dari uang yang nyonya peroleh ternyata menurut dia  masih di bawah tarip rata2 untuk persalinan n mandiin bayi pasien selama beberapa hari..kebetulan nyonya saya gak masang tarip pasti..dia hanya ngasi ancer2 n terserah yang ngasi aja..intinya berapapun disyukuri..karena saya selalu berpesan kepada dia bahwa kita harus bekerja dengan profesional n masalah imbalan itu belakangan aja..yang penting ud maksimal n total dalam melakukan pekerjaan..selain itu karena dia itu jualan jasa maka selalu saya ingatkan juga bahwa jangan mata duitan karena niat awal adalah menolong yang membutuhkan..dikasi pas,lebih, atau kurang harus tetap disyukuri..

kebetulan hari ini dia dines malem..sebelum berangkat dia minta pendapat¬† saya terkait imbalan yang diterimanya kemarin..karena dia cerita kepada teman sejawatnya yang juga buka praktek, dia malah kena marah karena menurut temannya itu kalo bayarnya terlalu murah sama aja dengan melecehkan profesi..hmm..ada2 aja…dia akhirnya minta pendapat saya terkait hal itu..n yang lebih miris lagi si temennya itu menganjurkan nyonya buat klaim jampersal yang katanya dianggarkan 600 ribu rupiah untuk satu proses partus/persalinan..saya makin terheran-heran dengan temannya nyonya ini…

akhirnya saya jawab aja bahwa bekerja itu harus ikhlas n rejeki ud diatur sama Alloh…kalo memang imbalan kemarin di bawah tarip rata2 yah saya ingatkan lagi tentang pesan2 sebagaimana sudah saya tulis di paragraf atas..hehehe..jangan menjadikan uang sebagai tolok ukur kebahagiaan di dalam kehidupan ini..karena siapa sih yang gak bahagia kalo nrima duit yang banyak..hehehe..terkait saran temennya yang menganjurkan klaim ke jampersal dengan tegas saya larang karena jampersal itu jika pasiennya orang gak mampu n berarti pasien gak mbayar imbalan persalinan..karena dalam kasus nyonya ini pasiennya bayar..otomatis gak etis n gak boleh kalo dia masi klaim lagi agar dapat tambahan uang dari jampersal meskipun bisa2 aja denga sedikit rekayasa…n menurut bocoran nyonya ane, ini banyak dilakukan bidan2 lain yang praktek mandiri…dapet uang dari pasien n jampersal juga..astagfirullohalladzimm…..saya bilang itu sama aja dengan korupsi n merugikan negara n tentu sangat berat dosanya..alhamd nyonya ngerti dengan maksud saya…

nah agan2 sekalian…uang tentu sangat menggoda iman kita untuk memilikinya..banyak orang yang menempuh cara2 terlarang untuk mendapatkan uang..mereka menganggap uang adalah segala-galanya..bahkan terkesan menuhankan uang, menyembah uang…hmm…tak peduli bahwa tindakannya itu merugikan negara n orang lain..kita harus yakin n percaya bahwa rejeki kita ud diatur oleh yang Maha Kuasa..n dapatkanlah dengan cara2 yang diridhloi-Nya..n uang bukanlah sgala2nya..mari kita jauhi sikap serakah, korupsi, dsb..

semoga bermanfaat..

wasaalam…

Korupsi perjalanan dinas (SPPD) PNS..

Akhir2 ini marak pemberitaan terkait anggaran perjalanan dinas pns yang selalu naik namun tidak berbanding lurus terhadap mutu pelayanan kpd masyarakat n kinerja kantor bersangkutan..

sebagaimana kita ketahui bahwa para pns selain mendapat gaji dan tunjangan setiap bulannya, untuk mereka dianggarkan pula biaya untuk perjalanan dinas..yang tentu tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kinerja n sasarn yang mau dicapai instansi terkait. besaran anggaran perjalanan dinas pns dan pejabat negara untuk tahun anggaran 2012 sudah diatur dalam peraturan menteri keuangan nomor 84/pmk.02/2011 tentang Standar Biaya Tahun Anggaran 2012.

di dalam pmk tersebut selain mengatur standar biaya operasional secara umum , juga secara detil menetapkan standar biaya perjalanan dinas untuk pns dan pejabat negara dengan variabel tujuan, jangka waktu, golongan pns/pejabat negara tsb, dsb..

setahu saya..anggaran perjalanan dinas ini berbeda jumlahnya di setiap instansi..perbedaan ini didasarkan kepada jumlah pegawai n tupoksi kantor tsb..makin banyak jumlah pegawai n sering melakukan dinas luar..maka biasanya anggaran perjalanan dinas ini makin besar jumlah nominalnya..

setiap pns/pejabat negara yang akan melakukan perjalanan dinas, mereka wajib dibekali dengan surat tugas dan SPPD (surat perintah perjalanan dinas) yang di dalamnya menjelaskan tentang tujuan perjalanan dinas, waktu/jumlah hari, nama, nip dan pangkat/golongan, jabatan, n tingkat biaya yang dibayarkan kepada pegawai tsb..n SPPD serta surat tugas ini ditandatangani oleh kepala instansi tempat dia bekerja..nah..dari sinilah uang perjalanan dinas yang diperoleh oleh pns/para pejabat ini lebih dikenal dengan istilah SPPD..

Uang SPPD ini dapat diberikan sebelum PNS n pejabat negara tsb melakukan perjalanan dinas ataupun setelahnya..tergantung keberadaan uang kas di bendahara pengeluaran..n di dalam SPPD ini ada beberapa komponen pembayaran a.l. uang harian n uang makan..biaya transport juga ditampung dalam SPPD ini..bisa berupa penggantian biaya tiket kendaraan umum n penggantian bensin kalo dia bawa kendaraan dinas..

namun sayangnya..dari SPPD inilah banyak dikorupsi dengan terjadi mark up/penggelembungan anggaran dengan modus menambah jumlah hari,mark up uang bensin,tiket kendaraan umum n hotel fiktif n mark up tarif..bahkan sering juga perjalanan dinas fiktif..alias pns/pejabat ybs sebetulnya bepergian entah kemana yang jelas tidak ada kegiatan terkait pekerjaan n sppd ini dipakai untuk formalitas aja biar gak usah ijin..nah..tanda bukti kunjungan ke tempat tujuan biasanya diperoleh dengan kongkalikong dengan perjabat berwenang di tempat tujuan..astagfirullohalladzimm..akhirnya muncullah istilah “dinas liar”

atas perilaku2 tidak terpuji inilah yang akhirnya mendapat sorotan dari berbagai kalangan..anggaran dari uang rakyat yang seharusnya bisa dimaksimalkan untuk pelayanan publik malah habis..ngowooooosss gak karu2an karena oknum pns/pejabat negara yang seenak udelnya main2 anggaran perjalanan dinas ini..nah tentu pimpinan satuan kerja/satker/kantor juga harusnya ukut bertanggungjawab atas jebolnya anggaran perjalanan dinas ini kalau2 ternyata ada manipulasi..karena SPPD bisa muncul karena persetujuan pimpinan kantor tsb..

pimpinan satker/kantor/instansi pemerintah yang bijaksana tentu akan membuat plan yang jelas tentang sasarn kinerja n mengalokasikan anggaran perjalanan dinas dengan tepat sasaran, efisien, n bener2 murni untuk meningkatkan kualitas/kinerja..

yah akhirnya saya hanya bisa mendoakan semoga para pns/pejabat negara yang sering “main2” dengan anggaran dinas ini segera sadar…:D

upgrade Mega Pro Lama..

Pagi agan sekalian…hmm..vakum 2 hari nih gak nulis artikel..hehehe..pulkam..istirahat total n ikutan registrasi e-KTP..

leyeh2 di rumah..eeh..dapat inspirasi buat sharing lewat blog kecil ini…yap…di kampung halaman..saya mempunyai Honda megapro lawas, taun 2006 yang sehari-hari dipakai bapak..motor ini saya beli dalam kondisi bekas pakai pada tahun 2008 dari seorang pegawai pertamina di kota cepu seharga tujuh belas juta rupiah..namun untuk menebus motor ini saya harus melepas supra x 125 sw tahun 2006 saya kepada pembeli yang saat itu laku sembilan juta lima ratus ribu rupiah…ngenes beberapa bulan gan,..karena pada bulan November 2007, megapro ane tahun 2006 ilang digondol maling..dengan sisa2 tabungan n hasil penjualan supra, ane tebus dah nih megapro yang juga taun 2006…Bapak ane fanatik honda..ane tawarin pikson,dkk..beliau gmau..pokoknya harus megapro..hehehe..kebetulan nopolnya juga cantik..K 4444 **…

beberapa bulan yang lalu..nih megapro ndlosor n akhirnya juga tabrakan sama motor dari arah berlawanan waktu dipake riding bapak ane…gara2 waktu di perempatan ditabrak guk2 pas di roda depan yang lari ngejar kucing…lumayan parah gan..stang bengkok, headlamp retak, spido pecah, tangki penyok, body motor baret2…tapi alhamd bapak ane hanya lecet2 aja karena pakaiannya safety gan..pake helm fullface juga…

nah..dengan kondisi kayak gitu..rencana awal mau dijual aja…tapi setelah pikir2 akhirnya eman2 gan..inget history waktu beli dulu…akhirnya muncullah ide untuk upgrade tampilan nih megapro..terinspirasi dari motor2 cb yang dipunya anak2 club…

proyek pun dimulai dengan penggantian swing arm depan belakang include rem cakramnya, setang, headlamp,spidometer,behel belakang,velk palang,shockbreker belakang nitro..kesemuanya itu ori tiger revo yah gan..lanjut ganti cover body 1 set,tangki, striping ori megarpo 2009…rantai/gir set pakai punyanya New Megapro…kampas kopling ori megarpro dipadu per koplingnya tiger..nah..inilah hasilnya gan..:D

shockbreker belakang ori tiger revo

pake cakram belakang,swing arm, velk, behel, visor, spidometer, setang, headlamp, seian depan belakang ori tiger revo..hehehehe..


tujuan ane dengan upgrade ini selain untuk memperbaiki kerusakan adalah juga biar makin siplah meski ud berumur hampir 6 tahunan…ane sendiri memang gak puas dengan kondisi standar megapro yang kurang sip..kekurangan dari jaman gl pro series antara lain swing arm belakang yang kurang kokoh..handling kurang manteb,rem blakang gampang bunyi,dsb..masih ada sampe generasi terakhir megapro ini sebelum kemunculan NMP…

setelah upgrade ini tentu handling, pengereman, akselerasi, n tampilan makin maknyus gan…n bagi pembaca yang mau upgrade megapro lamana seperti ane..maka siapin aja sekitar 6 jutaan..hehehe..btw nih megapro dengan spek sekrang banyak yang ud nawar 15 jutaan loh..xixixi..tapi tetep aja gak ane lepas gan..buat klangenan aja kalo pas mudik..:D

sekian..semoga berguna…:D