Pengalaman “ngingoni” Supra X 125 PGM-fi (alm) setelah pemakaian kurang lebih 1 tahun..hehehe..

Hmm..mumpung sepi customer..nulis lagi ahh….kali ini saya mau membahas  tentang motor yang sehari-hari saya pakai sejak kurleb 1 tahun yang lalu..

yap dialah Susi alias Supra X 125 PGM-FI…susi ini saya beli secara kredit pada bulan Februari tahun 2011 menggantikan Supra x karburator warna hitam tahun 2008 yang saya jual karena ud sering error gara2 beberapa kali mengalami kecelakaan saat dipakai adik…supra injeksi ini sekaligus menemani supra x 125 saya yang satunya yang karburator warna merah dengan tahun pembuatan 2009..supra pgmfi saya ini meski sudah berumur kurleb 14 bulan…namun km-nya masih di kisaran 5000an..maklum motor jarang saya pakai karena saya bergntian makainya dengan RX King 2004 n Shogun RR 2008…

alasan saya membeli supra pgmfi ini adalah mengingat beberapa tahun lagi sejak tahun pembelian (2011) sudah merupakan era injeksi..n bosen juga wong ud punya yang karbu..serta ingin tau perbedaannya dalam hal ini terkait perawatan n performa..

btw,kebetulan nomernya lumayan cantik nih…K 2011 **….

kalo ketemu di jalan jangan lupa dicolek yah..hehehe…sedangkan supra 125 karb yang saya kasihkan ke adik bernopol K 6000 **…xixiix

untuk sementara yang akan saya bahas kali ini adalah terkait perawatan, konsumsi bbm, topspeed, n kualitas cat..baiklah..akan saya coba kupas satu per satu..

*Perawatan

supra pgmfi ini sesuai dengan yang dielu-elukan AHM bahwa memang dengan pgmfi..maka motor akan lebih minim perawatan..setaun meliara nih motor seingat saya baru tiga kali servis rutin di ahass..yaitu pada km 500, 2000, n 4000..sedangkan untuk ganti oli mesin karena saya termsuk biker sayang motor kayaknya ud lima kali ganti ole mesin…saya mengganti oli mesin tiap 1000an km…setiap servis rutin juga lebih cepet dibanding dengan yang masi make karbu..karena mekanik beres cuma bersihin injektor, saringan udara, ngecek saringan bensin, bersihin busi, cek kerenggangan rantai, dsb…gak selama karbu yang masi harus nyetel macem2…

yang bikin saya heran adalah supra pgmfi ini pernah ane tinggal tugas luar kota selama 1 bulan lamanya..n motor saya titipkan ke temen tapi kunci saya bawa..otomatis mesin off selama 1 bulan…waktu saya ambil nih motor..setelah kunci kontak on n nunggu indikator check engine off…dengan satu kali pencet, motor langsung jreng..waow…ajib..awalnya saya kira aki udah tekor..hmm…ada yang tau kenapa bisa awet gitu akinya???hehehe..

yah..intinya supra pgmfi ini minim perawatan layaknya motor injeksi yang lainnya

*Komsumsi BBM

Untuk variabel ini saya g bisa ngasi bukti…yah…terakhir kali saya coba bawa mudik dari nganjuk ke cepu dengan jarak 110 km…kec konstan 70-80 kmpj n nonstop alias tanpa sitirahat…supra pgmfi saya masi hanya cukup minum sekitar 1,8 liter pertamax…Hmmm…irit juga yah…

untuk test konsumsi bbm ini akan saya lakukan lagi dengan bukti foto struk bengsin setelah ada waktu..so jangan dikomplen dulu..xixixi

*Top Speed

tak ketinggalan masalah topspeed…saya test terakhir di jalanan lurus nan sepi..dengan tb 170 cm n berat badan 85 kg..hehehehe..malu nih..supra pgmfi ane masi sanggup berlalri hingga 110 kmpj on speedo…yah..masi siplah mengingat ane yang gendut gini..wakakaka

*Kualitas Cat

Kualitas cat sepeda motor honda banyak dikeluhkan oleh konsumen…n menjadi bahan BC yang lumayan ampuh oleh para fansboy…tapi kualitas cat supra pgmfi ini ternyata beda dengan varian supra yang karbu…terlihat lebih tebel n mengkilap serta tidak mudah mengelupas saat tergores…ada harga ada rupa..hmm…

oiya, kemarin iseng2 ngintip fjb kasku*…yang dulunya supra pgmfi ini anjlok harga purna jualnya..sekarang kayaknya naik deh…bisa jadi barang langka nih..:D

baiklah..itulah review singkat supra pgmfi saya..semoga berguna…

nih..penampakan supra pgmfi saya…

 

Iklan

13 thoughts on “Pengalaman “ngingoni” Supra X 125 PGM-fi (alm) setelah pemakaian kurang lebih 1 tahun..hehehe..

  1. mas, mau tanya supra injeksi ane kok ad bunyi cetik2 kyk suara klep longgar gt..
    kta mekanikx emg suara injeksinya gt, apa emg bunyi gt ya?

  2. Harusnya nggak ada bunyi tik2 mas..coba stel ulang klepnya n carbon cleaning mesinnya
    Kalo bsa be be em juga pake yg minim ron 92 ato pertamax..biar performa trjaga
    Untk hsx 125 pgmfi gen awal yg bunyi it pumpa bensinnya,ada smcm suara ngiing gtu..tp gpapa it bawaan pabrik n aman aja

  3. ane punya yang kaya gini, tapi warna hitam hitam yang satunya, kok cat nya jelek ya, terutama pada head lamp, slebor depan, ama tebeng yang di samping depan,,
    kalo bagian yang di pasang plat nomor yang depan, trus sama bodinya catnya bagus..
    kok bisa ya??

  4. Yang hitam memang catnya tipis mas kayaknya…saya sering liat yang warna item raya2 catnya udah agak buluk..
    Makanya saya pilih warna silver ungu..hehe

  5. MOHON PENCERAHAN motor sy honda pgm fi th 2006 (tertua?) kondisi sekarang susah dihidupkan pd pagi hari, ada asap hitam sejak over size tp tidak terlalu tebal, agak boros lk 45 km/ltr, tenaga agak kurang top speed jalan lurus hanya 100 km/jam. Sudah over size dan dipakai + 15.000 km. TRIMAKASIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s