Iritnya Supra x 125 pgmfi…

Hai kawan…kebetulan hari ini tadi ane punya kesempatan uji konsumsi BBM supra pgmfi tahun 2011 tunggangan ane sehari-hari..karena jujur saya sendiri juga penasaran alias pengin tahu berapa fc bbm supra ane ini..maklum..sejak beli februari 2011, motor ini hanya saya pake berkendara dalam kota aja n sesekali mudik ke kampung halaman namun gak kepikiran ngitung konsumsi bbm-nya..

Jalur yang ane gunakan untuk uji konsumsi BBM adalah jalur Nganjuk-Kediri pp melalui kecamatan pace,dst sampe tujuan di Kota Kediri..yah kebetulan ane ke kediri juga karena boil yang tadi pagi ane minta tolong buat diservis ac-nya kepada pak satpam di bengkel ac kediri kurang pembayarannya…xixixixi…terpaksa deh ane susul buat bayar kekurangannya..

berangkat dari nganjuk, ane sempetin dulu isi pertamax di SPBU depan terminal Nganjuk sampe full..start dari SPBU Nganjuk dengan posisi odometer pada 6.037,3 km…berangkat sekitar jam 11 siang, kondisi jalanan lumayan lancar di tengah terik matahari…yah motor sering ane panteng di 90kmpj on speedo..n sesekali menyentuh 100 kmpj di jalan sepi..n juga kadang mengurangi kecepatan menyesuaikan kondisi jalan…kecepatan bervariasi..namun sering stop n go sejak masuk kota kediri karena lalin yang lumayan padat..

setelah melunasi pembayaran perbaikan ac n urusan dengan teman kerja di kediri beres, ane pun balik ke nganjuk dengan riding syle yang bisa dibilang sama saat berangkat ke kediri…kecepatan bervariasi n di jalan sepi ane pacu antara 80 s.d. 100 kmpj..

setelah masuk nganjuk, ane isi kembali BBM supra pgmfi ini di SPBU yang sama dengan pengisian awal sebelum berangkat…dengan 1,100 liter pertamax tangki terisi penuh lagi..tak lupa setelah isi ane minta struk n jepret odomoter di depan pom bensin..tercatat 6.105,8km…berarti jarak tempuh adalah sejauh 68,5km..berarti dengan angka2 tersebut dapat kita ketahui bahwa per 1 liter pertamax, supra pgmfi mampu menempuh jarak 62,3 km..irit yah..hehehe…

*******

*jarak temph

=6.105,8 km-6.037,3 km= 68,5 km

*konsumsi bbm

=68,5 km:1,100 l=62,3 km/l

*berat badan ane = 85 kg..wkwkwkwk…

pic..

posisi awal odo sebelum berangkat

posisi akhir odo

konsumsi bbm hanya 1,100 liter untuk 68,5 km perjalanan…:D

oiya..tuh digit rupiahnya ngaco..

sekian semoga bermanfaat…yah..mungkin aja ada yang minat sama supra pgmfi seken…recomended banget lah nih motor..minim perawatan n irit bbm tentunya…

 

15 thoughts on “Iritnya Supra x 125 pgmfi…

  1. wah si suprax PGM FI gen terakhir nih sebelum di ganti helmi

    uda ga smoke spedometernya

    jadi ngiri, dulu bawaanya pake supra yang smoke speedometernya bawaanya susah terus lihat konsol di dalem,

    hasilnya ga jauh beda sama punya ane bro šŸ˜€

  2. lha faktor berat badan kan juga ngaruh mas..hehehehe..aku 88 kg n waktu uji bbm bawa bawaan 10 kg-an…:D
    oke deh segera meluncur ke tekape

  3. speed ga pernah sampe si mongstor bergetar disco bro, kalo itungan kasar pake pertamax, dengan asumsi pertamax dan premium ga bisa nyampur karena gugus kimianya beda, bisa nyampe 80km/lt

    cuma sayang, mau ngetest keburu si supra di pengsiunkan akibat jatoh T_T

  4. ane juga heran mas..dulu ngetest supra karbu malah bisa sampe 70an kmpl dengan premiun..n waktu itu bb saya 65 kg..pake pgmfi dengan pertamax n bb 88 kg dapetnya 62,xx/kmpl..hmmmm..tapi ane kmarin testnya dengan kec tinggi gan..sering ane panteng di 90 kmpj..n kadang2 sampe 100a kmpj on speedo

  5. kalo 90 keatas jadi boros bgt si pgm fi bro, ane uda ngalamin, mending 80 kmh, batas paling irit, lagian ngeri eui, uda geter bgt, prefer shogunya

    sebenernya pgm fi uda irit sih, asal kita ngegasnya ngurut, bukan narik, kalo main tarik jadi boros, bukaanya uda maximal, powernya belum keluar,

    oh iya bro, supra pgm FI ada penyakit langananya, biasanya di pelampungnya, supra ane uda kena, sering isi bensin waktu uda setengah tangki aja, dari pada kena pelampung 1 jt lebih

  6. makasi atas infonya mas bro..maksudnya pelampung yang di dalem tangki itu yah?
    alhamd ane selalu isi sebelum indikator di tengah2..n selalu pake pertamax..kalo supra ane jalan 100 kmpj masi alus bro..gak terlalu getar..kebetulan juga punya new shogun 125 rr taun 2008..malah menurut ane getaran shogun lebih parah di rpm tinggi..tapi kaki2nya manteb shogun sih..hehehe..

  7. heheheh, punya ane getar kaya oleng gitu, ban sering bocoran, ternyata penyakit di ban luar, di ganti masalah selese,kalo pake pertamax mah getaran ga kerasa:D

  8. wkwkwk, itu mah ga apa asal motor tetep maknyuss, semahal mahalnya bensin ga semahal motornya kan :p

Tinggalkan Balasan

