DP Minimal Sepeda Motor Baru Naik Drastis..Motor Bekas Bakalan Moncer

Sebentar lagi aturan BI terkait kenaikan DP minimal untuk KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) akan diberlakukan mulai tanggal 15 Juni 2012 atau tiga hari lagi dari terbitnya artikel ini. Sebagaimana disebutkan di dalam peraturan terbaru itu, DP minimal sepeda motor adalah sebesar 25% (dua puluh lima persen) dari harga baru On The Road. Dengan berlakunya aturan baru ini Lembaga Keuangan harus mematuhi atau siap2 kena sanksi dari Bank Indonesia (BI).

Menurut analisa dari beberapa pakar keuangan dan otomotif, maka dimungkinkan penjualan motor baru tahun ini akan mengalami penurunan sebesar 20-30%. Masyarakat tentu akan berikir panjang sebelum meminang sepeda motor idaman mereka dengan cara kredit, bikin pabrikan makin pusing karena kurang lebih 70% dagangan mereka dibeli dengan mekanisme kredit.  Solusi yang dapat diambil masyarakat jika kita akan meminang motor baru tanpa jerat kenaikan DP ini antara lain adalah menabung sampai uang kita cukup untuk meminang motor idaman, menjual sepeda motor yang lama dan tinggal menambah kekurangannya, atau kredit uang ke bank baru deh kita belikan sepeda motor baru karena bukan rahasia lagi kalau kita kredit ke Leasing/Lembaga Pembiayaan Kendaraan Bermotor maka jatuhnya akan lebih banyak daripada kita hutang uang ke bank. Atau yang lebih afdol lagi jika kita udah ngebet pengen motor baru n uangnya kurang sementara kita juga takut sama bunga yang berbunga,hehehe..kita pinjam uang kepada ortu aja dijamin bebas bunga n bisa ngangsur sesuka hati..sukur2 kalo dikasi cuma2..wkwkwkkwkw..

Kondisi yang sedemikian rupa tentu mendatangkan harapan bagi pedagang sepeda motor bekas. Kemungkinan besar masyarakat akan menjatuhkan pilihan kepada motor bekas yang tentu harganya lebih murah, lagipula sangat jarang sepeda motor bekas dibeli dengan mekanisme kredit. Dari kejadian ini, APM juga dituntut untuk lebih meningkatkan layanan purna jual mereka karena salah satu pertimbangan membeli sepeda motor bekas adalah kemudahan mendapatkan suku cadang terutama untuk sepeda motor keluaran tahun lama, tahun 90an n awal 2000an. Sesuai pengalaman saya pribadi, membeli sepeda motor bekas (dengan konsidi bagus tentunya) tidak akan menurunkan prestis kita..hahaha..apalagi kalau kita bisa memake up sepeda motor bekas menjadi lebih cling, lebih joss performanya, dsb.

Sekian tulisan sederhana ini, semoga bermanfaat.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s