Luruskan Mindset Kepatuhan Berkendara

Negara kita merupakan negara hukum dan sebagai bagian dari sebuah negara maka kita wajib untuk menaati hukum yang berlaku di negara kita. Mindset yang keliru dan pemahaman yang kurang pas terhadap aturan yang berlaku dapat menjerumuskan kita kepada pelanggaran hukum, akibatnya adalah kita harus siap menerima sanksi sesuai aturan yang berlaku. Sanksi hukum mempunyai tingkatan yang berbeda-beda dan ditentukan sesuai berat tidaknya suatu pelanggaran. Di dalam kehidupan sehari-hari sebagai biker, tentu kita harus taat terhadap aturan hukum dalam bidang lalu-lintas yang diatur dalam undang-undang lalu lintas.

Mungkin aturan yang sering dilanggar di negara kita ini adalah aturan lalu-lintas. Menurut saya itu disebabkan oleh mindset yang sekarang masih tertanam di benak mayoritas para biker yang masih keliru. Kebanyakan dari kita mematuhi aturan lalu-lintas karena takut ditilang aparat berwenang (Polisi). Kita lebih takut ditilang polisi daripada takut akan ancaman keselamatan diri sendiri selama berkendara di jalan raya.

Hampir setiap hari kita dikejutkan dengan beberapa kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Biker selalu dipojokkan dengan image sruntulan, tidak patuh aturan, dan sebagainya. Biasanya, malapetaka berawal dari sikap acuh tak acuh dan tidak taat terhadap peraturan.

Akhirnya saya mengajak pembaca semua, marilah kita luruskan mindset yang kurang pas tersebut bahwa:

1. Mematuhi peraturan perundangan yang berlaku adalah kewajiban kita sebagai warga negara

2. Peraturan perundangan dibuat bukan untuk dilanggar, namun tentunya selain untuk dipatuhi dengan adanya peraturan itu tujuannya adalah menciptakan keteraturan di dalam kehidupan bernegara, melindungi hak2 warga negara, dan sebagainya.

3. Taatilah mulai dari hal2 yang dianggap kecil, mulai diri kita sendiri dan sekarang juga

Tentunya dalam kondisi yang taat undang2, kita akan lebih tenang dalam berkendara. Ketenangan dalam berkendara tentu akan sangat berpengaruh dengan perilaku di jalan raya yang akan membuat kita lebih santun serta menghormati hak2 pemakai jalan yang lain. Tidak taat peraturan, dalam hal ini adalah peraturan lalu-lintas tentu akan sangat merugikan diri kita sendiri dan bahkan merugikan orang lain.

Intinya, patuhi dulu aturannya. Saya bukanlah ahli hukum dan sama sekali tidak berlatar belakang pendidikan bidang hukum namun saya berusaha untuk belajar dan mematuhi hukum yang telah ditetapkan pemerintah. Dengan taat aturan, hati menjadi lebih tenang..:D

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s