Fortuner vs Terios

Waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore. Saat itu saya sedang ada tugas ke Surabaya. Perasaan senang karena kerjaan beres. Saya berangkat pulang ke Nganjuk dari Jalan Indrapura,karena sudah sore,tol arah waru pun macet. Sepanjang jalan saya enjoy aja karena disetirin pak sopir. Macet makin menjadi dan aksi saling serobot makin marak.
Dengan santai Terios melaju pelan di lajur kiri..mendadak ada suara lumayan kencang dari sisi luar sebelah kanan..braaaaak..kurang lebh bgtu bunyinya..
Fortuner nyrempet body kanan Terios yang saya tumpangi..spion kiri Fortuner pun sampai terlipat. Saya tetap tenang n minta tolong pak sopir ngecek apa ada baret,alhamd ternyata body Terios aman… Kami bersebelahan karena kondisi jalan super padat. Maksud hati ingin mengklarifikasi ke empunya Fortuner,saya minta pak sopir membuka kaca jendela dan membunyikan klakson.
Kurangajar ternyata si pemilik Fortuner,penumpang yg duduk di bangku sbelah kiri cuma buka kaca jendlanya sdkit skdar cek spion n bersikap cuek dngan wajah tanpa dosa.
Karena sudah capek dan tidak ada kerusakan di Terios, saya pun males kalo harus ngomel2 kpd pemilik Fortuner brengsek itu.
Yah saya hanya mbatin,semoga dberi hidayah.. Padahal dngan minta maaf pun saya ud plong..tapi ternyata tidak sama sekali n malah kabur..
Yah,nasib..cuma naek Terios..kalah ama yang lebih mahal n gede,arogan lagi.
Hmm..kaya tapi tak punya etika

Berkendara dengan Aman dan Sabar

Selain menyimak perkembangan kasus korupsi pengadaan kitab suci oleh para oknum pejabat yang diwartakan salah satu radio ternama di Surabaya, kemarin ada dua kejadian lagi yang membuat saya sangat merasa nelangsa.
Yang pertama juga dsiarkan radio tersebut dan infonya merupakan info langsung dari pendengar mengenai penganiayaan pengendara sepeda motor oleh pengendara mobil. Hanya karena bersenggolan di jalan raya,kalo gak salah di daerah Pasuruan,pengendara sepeda motor dihajar dengan memakai kunci inggris dan benda keras lainnya oleh pengendara mobil. Nahasnya,saat kejadian tidak ada warga yang berani menolong dan menghentikan tindak kekerasan ini. Pemberi info kemarin menyebutkan bahwa beliau dalam posisi d lajur kanan dan sudah melewati tkp beberapa meter. Beliau pun ingin menolong namun terhalang keramaian kendaraan karena lalu-lintas yang begitu padat. Akhirnya beliau berkali membunyikan klakson mobilnya dengan maksud agar warga di sekitar atau bila ada aparat segera menolong dan oknum driver menghentikan tindak kekerasan itu. Usaha beliau nampaknya berhasil karena oknum driver langsung menghentikan aksi brutalnya namun kabur begitu banyak warga di sekitar yang mau menolong korban yang sudah babak belur itu. Dengan sigap,pemberi info segera mencatat nopol mobil penganiaya biker itu tadi dan mewartakan melalui siaran live radio yang menemani perjalanan saya kemarin.
Kejadian lain adalah di daerah Menteng. Disebutkan oleh beberapa sumber media online,korban merupakan driver taksi Express bernada Syahdan Panggabean. Hanya karena bersenggolan dengan sepeda motor,beliau dianiyaya oknum biker hingga meninggal dunia. Warga terlambat menolong karena korban mengalami luka parah di kepala karena dipukul menggunakan balok kayu. Kedua pelaku penganiayaan sudah ditahan pihak berwajib.
Nah,dari dua kejadian tersebut dapat kita ambil hikmah yaitu berkendara dengan aman dan sabar. Macet memang bisa menyulut emosi dengan mudah,namun dengan berkendara dengan aman dan sabar,kita akan terhindar dari masalah. Terkadang kendaraan kita secara tak sengaja tersenggol kendaraan lain atau sebaliknya,maka selesaikanlah dengan baik dan kedepankan win win solution serta hindari aksi anarkis yang ujung-ujungnya justru membawa petaka.
Sekian dan mari kita tingkatkan kehati-hatian,patuhi peraturan,dan sabar di jalan raya karena keluarga dan teman serta kerabat yang lain menunggu kita.
Wassalam

Korupsi

Sepanjang jalan dari Surabaya dalam rangka tugas kantor,sambil leyeh-leyeh di samping pak sopir yang konsen nyetir,saya merenung dan berfikir apakah sebegitu bejatnya para oknum pejabat di negara ini. Kemarin-kemarin berita korupsi anu dan anu tiap hari kita baca,dengar,atau lihat ulasannya di media. Yah seputar suap kepada pejabat,mark up proyek pembangunan,penyelewengan dana bantuan sosial,dan masalah duniawi lainnya.
Mendengar ulasan kasus korupsi terbaru tentang pengadaan kitab suci,saya langsung shock. Saya istigfar dan terheran-heran,sampe urusan agama pun tak luput dari tangan jahil koruptor. Bukan berarti saya menganggap korupsi di bidang lain itu gak dosa lho ya,tapi kali ini sungguh memalukan,banget!
Dengan dangkalnya pengetahuan tentang keuangan negara dan tentang ajaran agama yang saya anut,maka para koruptor itu dapat dikatakan sebagai orang yang tidak berintegritas dan lemah iman. Koruptor ikut andil dalam menghancurkan keuangan negara.
Perilaku korup bermula dari penyimpangan yang kecil dan tidak ketahuan,sifat pembohong dan tidak jujur,dan sebagainya. Perilaku negatif tersebut jika tidak segera dihilangkan,maka akan semakin berkembang dalam skala besar dan membahayakan.
Menarik sekali tentang sebuah artikel yang pernah saya baca diw detik.com, bahwa perilaku korup ini juga disebabkan gaji atau penghasilan halal tidak cukup untuk memenuhi nafsu berfoya-foya,alias besar pasak daripada tiang. Para koruptor ini selalu merasa penghasilan mereka kecil dan tidak pernah bersyukur. Gila hormat, ingin dianggap kaya dengan gaya hidup yang hedon perlahan menggiring mereka ke dalam dunia koruptor apalagi dtunjang dengan adanya kesempatan emas dan punya beking.
Nah,agar sikap korup tak menjangkiti kita,dapat kita kikis dengan cara selalu bersikap jujur,apa adanya,n selalu bersyukur. Korupsi itu penyakit menular,benteng pertahanan terkuat adalah iman kita,jadi mari perkuat iman.
Last,semoga korupsi di tanah air semakin bisa ditekan.

Bajaj Akan Bangun Pabrik di Indonesia

Semakin panasnya suhu persaingan kendaraan roda dua di tanah air melecut semangat Bajaj untuk segera membangun pabrik di negara kita. Langkah ini juga dapat diartikan sebagai bentuk keseriusan mereka dalam memenuhi hasrat pecinta produk Bajaj yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan spare part sepdeda motor kesayangan.
Sebagaimana diungkapkan oleh area sales manager BAI, A. Welly Nugroho sebagai berikut:
“Mudah-mudahan tahun depan kita sudah
bangun pabrik dan segera untuk melokal
kontenkan sparepart Bajaj,”
Beliau juga menyatakan bahwa “Kalau mau kompetitif yang buka pabrik.
Apalagi Pulsar 200NS mau datang, ya kita
(Bajaj) mesti tambah kekuatan,Kita harus buka pabrik, plastik saja impor
kok mas”
Selain pernyataan dari Pak Welly ,ada juga info menarik dari VP BAI yaitu Mr. Kulkarni bahwa mulai tahun depan mereka akan meresmikan 60 jaringan resmi yang tersebar di tanah air.
Nah,buat Bajaj mania n pecinta motor sport,langkah berani Bajaj patut Anda tunggu.
Semoga bermanfaat
sumber:detik.oto

Mantap.. Hohe Memaafkan Bautista

Beberapa hari ini di berbagai media,ramai memberitakan insiden antara hohe dan alvaro bautista. Akibat kejadian yang menyebabkan kerusakan motor hohe n gagal finish yang berujung penyelidikan dan penjatuhan sanksi kepada bautista,bautista pun segera menyadari kesalahannya dan segera meminta maaf kepada hohe. Nah,berita terakhir sebagaimana diwartakan detik.oto,hohe menerima dan memaafkan bautista atas insiden di gelaran moto gp assen kemarin. Berikut pernyataan hohe lorenzo:
“Soal insiden dengan Alvaro, saya
menerima permintaan maafnya. Saya tidak
dendam padanya. Itu sebuah kecelakaan
dan saya yakin dia tak akan
mengulanginya,” tulis Lorenzo di
Facebook-nya.
“Seperti yang Anda tahu, dalam suasana
panas Anda akan mengatakan sesuatu yang
tidak akan dikatakan saat Anda dalam
kondisi tenang. Kemarin, apa yang saya
katakan terlalu berlebihan,” lanjut dia di
Autosport.
Hohe udah konfirm akan tampil di seri berikutnya,so jelas sudah dengan pemberian maaf kepada bautista, berakhir pula polemik yg jadi bahasan panas akhir-akhir ini.
Sekian,semoga bermanfaat.

Gak Ada Corong,Daun Jati pun Jadi

Kemarin pukul 6 petang,saya dan teman dari bengkel meluncur ke arah hutan jati di dekat rumah karena ada teman yang mobilnya mogok di tengah hutan. Hari semakin gelap dan mobil tak kunjung bisa distart. Karena mobil tua yang kayakny jarum indikator bengsinnya udah ngaco,maka kami coba untuk menambahkan bengsin ke dalam tangki mobil sebanyak kurang lebih 5 liter yang sudah dibeli sebelumnya. Namun apes,karena buru-buru,kami lupa membawa corong. Putar otak sebentar akhirnya dapat ide untuk memakai daun jati yang sudah ditekuk menyerupai corong sebagai sarana. Pengisian bengsin sukses namun mobil belum nyala juga meski udah kami dorong. Terpaksa dah ambil mobil yang lain buat narik si sedan legendaris yang mogok di tengah hutan..hahaha..
So buat para pembaca jangan mudah panik kalau kehabisan bbm..tetaplah tenang n manfaatkan alat2 di sekitar yang tentunya aman untk menyalurkan bbm ke dalam tangki jika corong tak tersedia.
Nah,tips ecek2 ini mungkin bisa bermanfaat di kala darurat.
Sekian n wassalam

Pentingnya Etika Berkendara

Sebagai pengguna jalan,kita harus mematuhi peraturan lalu-lintas. Sikap patuh peraturan ini akan lebih baik lagi jika disertai dengan perilaku berkendara yang beretika. Etika berkendara ini tentu bersumber dari dalam diri kita dan dengan etika berkendara yang baik akan menjauhkan kita dari berbagai kemungkinan buruk selama berkendara d jalan umum.
Kali ini saya akan menyoroti beberapa perilaku pengendara roda dua maupun empat atau kendaraan jenis lain yang menurut saya dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Beberapa perilaku tak beretika itu antara lain:
1. Sembarangan meludah waktu berkendara
Meludah waktu berkendara jamak kita temui di jalan raya. Disengaja atau tidak,tentu hal ini sangat berbahaya karena kalo mengenai pengendara lain dapat memancing keributan.
Jadi misalnya mau meludah,alangkah baiknya menepi dulu di tempat yg “aman.”
2. Buang sampah
Hal ini kerap dilakukan sopir atau penumpang mobil. Membuang sampah sembarangan selain berdampak buruk bagi lingkungan,dapat pula memancing keributan jika sampah yang dibuang mengenai pengguna jalan yang lain. Solusinya adalah menyediakan tempat sampah di dalam mobil dan buanglah sampah di tempat yg sesuai.
3. Melepas spakbor belakang sepeda motor atau memotongnya
Dengan alasan apa pun,hal ini juga tidak dapat dibenarkan karena akan sangat merugikan pengguna jalan yang berada di belakang terutama saat hujan.
4. Menggunakan lampu jauh tidak pada waktu n tempat yg tepat
Sebagian besar pengendara sepeda motor dan mobil seringkali menyalakan lampu jauh padahal berkendara di dalam kota dengan situasi kendaraan padat. Atau sengaja menyalakan lampu jauhnya saat bepergian ke luar kota dan tidak memindahkan ke mode lampu dekat meski berpapasan dengan kendaraan yang lain. Perilaku ini akan merugikan pengguna jalan yg ada di depan atau yang berpapasan karena mengganggu pandangan.
Nah..beberapa perilaku sebagaimana saya sebutkan di atas dapat digolongkan ke dalam perilaku berkendara yang tidak beretika dan marilah kita menjauhi perilaku-perilaku tersebut agar lebih mantap dalam berkendara.
Semoga bermanfaat dan kalau ada yang mau menambahkan monggo dibagi pendapat agan-agan sekalian.
Wassalam..