Pentingnya Etika Berkendara

Sebagai pengguna jalan,kita harus mematuhi peraturan lalu-lintas. Sikap patuh peraturan ini akan lebih baik lagi jika disertai dengan perilaku berkendara yang beretika. Etika berkendara ini tentu bersumber dari dalam diri kita dan dengan etika berkendara yang baik akan menjauhkan kita dari berbagai kemungkinan buruk selama berkendara d jalan umum.
Kali ini saya akan menyoroti beberapa perilaku pengendara roda dua maupun empat atau kendaraan jenis lain yang menurut saya dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Beberapa perilaku tak beretika itu antara lain:
1. Sembarangan meludah waktu berkendara
Meludah waktu berkendara jamak kita temui di jalan raya. Disengaja atau tidak,tentu hal ini sangat berbahaya karena kalo mengenai pengendara lain dapat memancing keributan.
Jadi misalnya mau meludah,alangkah baiknya menepi dulu di tempat yg “aman.”
2. Buang sampah
Hal ini kerap dilakukan sopir atau penumpang mobil. Membuang sampah sembarangan selain berdampak buruk bagi lingkungan,dapat pula memancing keributan jika sampah yang dibuang mengenai pengguna jalan yang lain. Solusinya adalah menyediakan tempat sampah di dalam mobil dan buanglah sampah di tempat yg sesuai.
3. Melepas spakbor belakang sepeda motor atau memotongnya
Dengan alasan apa pun,hal ini juga tidak dapat dibenarkan karena akan sangat merugikan pengguna jalan yang berada di belakang terutama saat hujan.
4. Menggunakan lampu jauh tidak pada waktu n tempat yg tepat
Sebagian besar pengendara sepeda motor dan mobil seringkali menyalakan lampu jauh padahal berkendara di dalam kota dengan situasi kendaraan padat. Atau sengaja menyalakan lampu jauhnya saat bepergian ke luar kota dan tidak memindahkan ke mode lampu dekat meski berpapasan dengan kendaraan yang lain. Perilaku ini akan merugikan pengguna jalan yg ada di depan atau yang berpapasan karena mengganggu pandangan.
Nah..beberapa perilaku sebagaimana saya sebutkan di atas dapat digolongkan ke dalam perilaku berkendara yang tidak beretika dan marilah kita menjauhi perilaku-perilaku tersebut agar lebih mantap dalam berkendara.
Semoga bermanfaat dan kalau ada yang mau menambahkan monggo dibagi pendapat agan-agan sekalian.
Wassalam..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s