Kebocoran Oli Menghambat Laju Valentino Rossi

Nasib sial ternyata tak hanya menghampiri Ben Spies pada balap moto gp di sirkuit Brno yang akhirnya harus out dari arena balap. Nasib serupa juga dialami Valentino Rossi sejak lap-lap awal. Terlihat kepulan asap dari sektor pembuangan. Namun akhirnya Rossi bisa mencapai garis finish di akhir balapan.
Sebagaimana diakui oleh Rossi, kebocoran oli mesin menjadi penyebab menurunnya performa tunggangannya. Bahkan tetesan oli juga mengenai area kakinya sehingga membuatnya kurang begitu maksimal dalam memacu kuda besi. Seandainya hal itu tak terjadi mungkin saja dia bisa lebih fight dengan Dovizioso.
Selain itu Rossi juga bilang bahwa ban depan tunggangannya cpt habis.
Akhirnya dia hanya berharap dan akan berusaha untuk menunjukkan performa yang lebih baik di seri selanjutnya di Misano.
sumber: okezone.com

Tips Hemat BBM ala Kementerian ESDM

Sudah beberapa minggu saya males nulis-nulis karena menjelang lebaran disamber ninja 250 waktu riding naik supra pagi hari dalam perjalanan ke kantor. Nah, kali ini saya mau berbagi tips hemat bbm yang kemarin saya baca spanduk waktu ngisi bbm olla jadul di salah satu spbu. Oh iya,ini tips ala Kementerian ESDM,jadi saya hanya berusaha menjabarkan sesuai pemahaman saya sendiri. Beberapa tips tersebut antara lain:
1. Naik angkutan umum
Dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi,maka otomatis menghemat konsumsi bbm.
2. Pergi bersama-sama
Jika terpaksa bepergian bersama rekan atau keluarga dengan menggunakan kendaraan pribadi dan tempat yang dituju dan waktunya sama,sebaiknya secara rombongan saja.
3. Jalan kaki
Jalan kaki jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh.
4. Naik sepeda
Jika jarak masih memungkinkan dan tidak terlalu jauh,selain dengan jalan kaki dapat ditempuh juga dengan naik sepeda onthel.
5. Merawat kendaraan dengan baik
Kendaraan yang prima dan terawat dengan baik biasanya konsumsi bbm-nya dalam taraf ideal.
6. Menggunakan bbm sesuai dengan spesifikasi mesin
Penggunaan bbm yang tidak sesuai dengan spek mesin akan mempengaruhi kuota bbm subsidi dan mungkin saja akan lebih boros dalam pemakaian.
7. Berkendara secara wajar
Berkendara dengan wajar maksudnya adalah tidak berlebihan dalam memainkan gas atau mematuhi batas kecepatan.

Beberapa tips hemat bbm sebagaimana saya sebutkan di atas memang patut untuk kita coba demi masa depan yang lebih baik. Seringkali kita manja dengan tidak mau jalan kaki padahal jarak tempuh hanya 100an meter dan lain sebagainya.
Yah,semoga tips di atas berguna buat kita semua.
Sumber: spanduk di spbu

Pensiun dari Suzuki, Pak Paulus Jualan Kopi

Bapak Paulus S. Firmanto yang dulu sempat berkarir di Yamaha Indonesia dan baru satu tahun bergabung dengan Suzuki akhirnya memutuskan untuk pensiun.
Kiprah beliau di Yamaha yang waktu itu didaulat sebagai GM Promotion dan Sport turut andil melahirkan Byson dan Lexam, sedangkan waktu menjabat sebagai Direktur Sales ikut pula berperan menghadirkan skutik Nex dan Naked Sport 250 cc yaitu Suzuki Inazuma yang rencananya akan segera dirilis.
Sebagaimana pernah beliau ungkapkan di beberapa media, keputusan pensiun ini didasari oleh kecintaan beliau terhadap keluarga atau dengan kata lain ingin lebih punya waktu untuk keluarga.
Nah, meski pensiun dari dunia otomotif ternyata Pak Paulus tidak berhenti begitu saja. Beliau alih profesi dengan membuka usaha kedai kopi di kawasan Jakarta Timur.
Sumber: detik.com

Lily Wahid dan Seruannya untuk Tidak Membayar Pajak

Beberapa hari yang lalu, Lily Wahid yang merupakan anggota Dpr RI menyerukan kepada masyarakat di beberapa daerah untuk tidak lagi membayar pajak kepada negara. Seruan ini menurut saya patut untuk tidak diikuti dan patut diabaikan. Bagaimana mungkin seorang pejabat negara anggota dewan yang digaji dengan uang pajak dari rakyat menyerukan hal tersebut? Pantaskah? Sangat tidak pantas jawab saya.
Beliau harusnya paham bahwa hampir 80 persen apbn dsokong penerimaan pajak. Harusnya beliau mundur aja sebelum menyerukan hal itu karena beliau juga ikut menikmati hasil dari uang pajak rakyat.
Mendekati musim pilkada dan pemilu, para politikus memang sering bermanuver dengan maksud merebut simpati masyarakat. Namun kalau manuver keblinger seperti ini sungguh merupakan blunder.
Saya sebagai rakyat biasa mengajak kepada pembaca dan smua rakyat untuk tetap cooling down n tetap cerdas menyikapi dinamika yang terjadi. Mari, jadilah warga negara yang baik dan bermartabat.

Curiga AHM Bakal Nelorin Supra X 125 Pgmfi Gen Baru

Kabar disuntik matinya spacy helm in karbu dan supra x 125 helm in karbu sudah santer diberitakan di beberapa media dan blog otomotip. Tujuannya adalah biar teknologi injeksi lebih memasyarakat dan sebagainya. Sejak kemunculan supra x 125 helm in pgmfi, maka kiprah supra x 125 pgmfi yang lama pun diakhiri. Otomatis supra x 125 non helm in hanya tersedia versi karbu saja. Langkah Ahm ini tentu bnyak yang menyayangkan karena desain supra yang lama masih bnyak yang menyukainya karena lebih sporty. Untung saja sebelum didiscontinue, saya sudah beli susi 125.
Saya kini hanya menduga-duga saja bahwa ada kemungkinan supra x 125 r yg sekarang masih djual namun versi karbunya aja,akan dilahirkan kembali dengan desain yang mungkin lebih sporty n mengikuti trend. Jadi yang suka fungsionalitas bebek,bisa plh ke yang helm in pgmfi dan yang suka desain sporty silakan pilih yang non helm in.
Saya sendiri sangat berharap Ahm menelurkan supra 125 pgmfi yang lbh jos desain n teknologinya dbanding susi sebelumnya agar pecinta supra 125 punya pilihan selain yang helm in.
Btw, ini hanya perkiraan saya aja dari kasus dhentikannya supra 125 helm in karbu..hehe..
Bnar tidaknya ya kita tunggu saja..

Kawasaki Ninja Listrik???

Yah..bagi pecinta motorsport Kawasaki Ninja adalah idola. Desain sporty dan performa “nggilani ” membuatnya menjadi favorit di kalangan anak muda. Kesaktian ninja 150 cc mesin 2 tak dan yang terbaru yaitu ninja 250R yang mengadopsi desain total baru mirip sang kakak dengan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi serta berbagai fitur wah membuatnya menjadi tak tersentuh oleh lawan sekelas.
Nah,rupanya Kawasaki tak berhenti berinovasi di situ saja. Sebagaimana dilansir oleh Visordwon, Kawasaki tengah mengembangkan Ninja Listrik berbasis zx-10 R dan bekerjasama dengan perusahaan pembuat motor listrik dari Inggris, TT Zero. TT Zero sendiri sudah dikenal sebagai pembuat motor listrik berperforma tinggi.
Sekarang ini,meski masih dalam taraf pengembangan Ninja listrik sangat layak untuk ditunggu. Semoga nantinya tetep jadi Ninja yang garang meski gak minum Bbm lagi.
Mari kita tunggu aja sensasi “sengatan” Ninja Elektrik yang makin go green..:-)
Sekian,semoga bermanfaat.

Karet Teromol yang Terabaikan

Beberapa minggu ini tarikan supra pgmfi kesayangan agak molor dan terasa getaran lumayan keras dari area roda belakang. Setelah saya amati, rantai rodanya ternyata kendor. Siang tadi akhirnya meluncur ke bengkel pinggir jalan buat nyetelin rantai, eh ternyata sewaktu mau disetel oleh sang mekanik dan saya mengutarakan keluhan, saya dikasi tahu kalau karet teromol belakangnya udah kocak n sebaiknya diganti. Rupa-rupanya karet teromol yang sudah aus inilah penyebab munculnya getaran di area roda belakang.

Mumpung ada bengkel lagi sepi, saya pun mengiyakan untuk diganti saja karet teromol belakang n setel rantai sekalian tentunya. Karena di bengkel umum, saya minta yang ori mereka gak punya dan akhirnya pilihan jatuh ke yang kw1 hak tahu merknya apa..hehehehe..harganya dipatok 20 ribu rupiah. Saya sempat heran kog karet teromol sepeda motor yang baru berumur 1,5 tahun udah aus yah..padahal sepeda motor saya ini baru jalan 7.000an kilometer n bisa dibilang selalu melewati aspal yang muyus…hmmm…mungkin dapet part yang kurang sip dari pabriknya.

Nggak ada 15 menit, tuh karet teromol belakang selesai diganti sekalian stel rantai tentunya,kena 27 ribu dengan rincian karet teromol 20 ribu n jasa pemasangan plus stel rantai cukup 7 ribu rupiah. Saya pun langsung ngacir ke Kediri untuk urusan pekerjaan sekalian ngetest apakah masi ada getaran di sektor belakang

Alhamdulillah, getraran ilang n motor jadi anteng lagi meski saya geber di 100 kmpj..huh..barang sepele n murah namun kalo terabaikan bisa berbahaya n tentu bikin gak nyaman.

Sekian share sederhana dari saya, semoga bermanfaat..:D