Wahai Pendekar..Bersatulahhh!!

Miris dan prihatin..setiap tahun di bulan suro/muharam selalu saja tersiar kabar bentrokan antara dua perguruan silat yang sudah lama dikenal. Yah..mereka lah PSHT dan PSH Tunas Muda (SH Winongo). Bentrokan sering terjadi terutama di daerah Kota dan Kabupaten Madiun karena di wilayah itulah kedua perguruan itu dilahirkan, meski tak jarang juga di daerah yang lain kedua perguruan ini selalu bentrok. Kita sebut saja oknum anggota perguruan.

Setahu saya, kedua perguruan ini sejatinya bersaudara karena lahir dari perkumpulan beladiri yang sama, yaitu Setia Hati. Namun entah mengapa kedua perguruan ini sering berseteru seolah tanpa akhir. Perebutan wilayah kekuasaan, ego perguruan, dan tentu nafsu angkara yang tak tertahankan seolah selalu mengiringi ketika massa atau anggota kedua perguruan ini bertemu.

Memang dengan jumlah anggota yang sangat banyak, maka akan lebih susah untuk diatur daripada yang jumlahnya sedikit. PSHT mempunyai anggota yang fantastis, jutaan orang yang tersebar di seluruh penjuru negeri dan beberapa komisariat di luar negeri, demikian pula Winongo yang juga berkembang pesat.

Untuk meminimalisir konflik antara 2 perguruan silat ini, sebenarnya sudah dilakukan beberapa kali rekonsiliasi antar kedua pemimpin/ketua perguruan di tingkat pusat..yah semacam perjanjian damai. Namun kenyataan di lapangan berbeda, terus saja konflik ini berlangsung..selalu muncul oknum dari kedua perguruan tersebut.

Seharusnya perjanjian damai yang dipelopori kedua ketua perguruan tersebut dilakukan juga di tingkat cabang dan ranting. Membuat komitmen bersama untuk menyudahi persaingan tidak sehat itu dengan mengganddeng pihak yang berwajib. Perlu diakui juga bahwa ini merupakan kesalahan dari para oknum pelatih yang menanamkan benih permusuhan sejak para siswa masih dalam tahap latihan sehingga setelah para siswa ini merasa cukup ilmu dan menjadi warga perguruan kemungkinan mereka untuk memusuhi warga dari perguruan yang dianggap rival akan semakin terbuka.

Saya sebagai masyarakat awam, mengharapkan terutama kepada saudara SHT dan SHTM/Winongo untuk dapat hidup berdampingan di manapun berada, begitupun dengan perguruan yang lainnya. Ingatlah bahwa kita ini bersaudara apa pun warna sabuk dan seragam serta lambang perguruan maupun atribut yang lainnya. Tidak ada gunanya para saudara pendekar terus berselisih paham. Bersatulah dan berkompetisilah di ajang yang resmi demi Indonesia!!

Iklan

2 thoughts on “Wahai Pendekar..Bersatulahhh!!

  1. maaf sebelumnya… saat masih mjd siswa di PSHT tidak pernah saya didoktrin u/ memusuhi PSHTMW… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s