Salah Pasang Switch Ekstra Fan

Assalamualaikum…

Akhir tahun yang begitu menggila…volume pekerjaan yang ampuuunnn…membuat blog mainan ini terbengkelai..halah..hahahaha..

Baiklah..kali ini saya akan menuliskan sedikit pengalaman saya terkait memanasnya suhu/temperatur mesin mobil jadul saya..Corolla Ae92 aka Twincam lansiran 1991 yang terjadi setelah saya serviskan radiatornya ke spesialis radiator langganan teman.

Corolla twincam kesayangan ini hampir setiap minggu saya pakai mudik Kediri-Cepu pp kurleb 300an km dengan medan jalan yang agak horor terutama jalur Ngawi-Cepu..so, perawatan saya fokuskan di kaki-kaki dan kesehatan sistem pendingin..karena alhamdulillah twincam minim perawatan mesin.

Beberapa bulan yang lalu saya coba bersihkan radiator di spesialis radiator di Kota Kediri, yang ternyata menurut sang tukang radiator..masih bersih. Setelah pemakaian beberapa kali untuk tugas ke Malang dan Surabaya, saya amati suhu/temperatur mesin naik hampir setengah..padahal biasanya indikator hanya nangkring di kisaran 1/4 saja meski full ac n kondisi cuaca panas..AC juga kurang mak nyuuuusss..gak kayak biasanya.

Beberpa bulan berlalu saya biarkan saja karena nggak sempet ke bengkel lagi…oh iya,, air radiator juga selalu berkurang dalam jumlah yang cukup banyak, hampir tiap tiga hari saya nambah coolant sebanyak 300 mililiter..hmmmm…. Saya pun mulai berspekulasi jangan-jangan ada kebocoran di sistem pendingin mesin ni… saya sempatkan untuk mengganti selang-selang radiator di sela waktu istirahat kantor… dicek beberapa kali sudah sip tak ada kebocoran..namun ternyata tetap saja air radiator selalu berkurang dan ac kurang dingin.

Waktu terus berlalu (halah,hehehe…) semakin nggak nyaman dengan kondisi twincam kesayangan, akhirnya beberapa minggu yang lalu saya bawa ke bengkel teman…baru dicek sebentar eh langsung ketahuan ternyata masang switch ekstra fan-nya kebalik….itu tuh kipas kecil yang ada di depan radiator…hembusan angin yang seharusnya ke arah dalam/mesin menjadi berkebalikan alias malah kipasnya niup angin ke depan mobil..haduuuhhh..pantas aja….

Pemasangan switch yang salah itu tadi akhirnya dibetulin oleh teman saya dan saya hanya bisa geleng-geleng kepala karena hal yang mungkin kelihatan sepele namun berdampak besar..hahaha..imbasnya jelas..setelah dipasang dengan betul..maka temperatur mesin menjadi lebih adem dari yang sebelumnya, ac lebih dingin bahkan kaca sampai berembun kalo pagi, sore, n malam hari…air radiator juga normal…hmmm..alhamdulillah…

Sekian pengalaman saya, semoga berguna..hehee…

2 thoughts on “Salah Pasang Switch Ekstra Fan

  1. ……ketahuan ternyata masang switch ekstra fan-nya kebalik….itu tuh kipas kecil yang ada di depan radiator…hembusan angin yang seharusnya ke arah dalam/mesin menjadi berkebalikan alias malah kipasnya niup angin ke depan mobil..haduuuhhh..pantas aja….

    Kipas kan ada dua, kipas radiator sama kipas kompresor untuk ac ….? klu kipas semua membuang angin kan bosss.
    saya punya keluhan yg sama ,,,,?
    1. Mesin OK
    2. Radiator juga udah 2 kali di bersihin
    temperatur tetap separo, apalagi klu cuaca panas …? ac gak kerasa
    air nambah wajar2 aja …
    mohon tanggapannya bos

    mksh
    wassalam

Tinggalkan Balasan

