[Mitos] Motor “Harus” Dijual Setelah Kecelakaan??

Sebagai orang yang hidup di negara majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, ras maupun berbagai aliran kepercayaan kita sering mendengar adanya mitos yang dipercaya akan terjadi jika kita melakukan perbuatan tertentu. Mitos adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya (wikipedia).

Di dunia permotoran kita tau adanya mitos yang benar-benar berlaku kuat atau banyak ditaati oleh para bikers. Mitos tersebut adalah sepeda motor yang pernah mengalami kecelakaan sebaiknya dijual saja karena akan membawa kesialan buat pemiliknya. Kesialan itu biasanya adalah sepeda motor tersebut akan sering “membuat” sang empunya kecelakaan lagi dan lagi.

Dari mitos tersebut muncullah mitos baru lagi yaitu kalau motor tidak dijual sebaiknya diberikan emas (secukupnya) yang penempatannya bisa dimana saja yang penting tersimpan di dalam sepeda motor itu. Kalau tetap takut yah biasanya motor tersebut akan dijual dan tentunya beli baru entah cash atau kredit.

Secara logis, memang susah menarik benang merah antara motor bekas dipakai kecelakaan dengan kecelakaan yang akan terjadi selanjutnya dengan catatan motor tersebut diperbaiki sampai dengan kondisinya baik, normal dan layak jalan.

Sedikit cerita, saya sendiri pernah mengalami kecelakaan sepeda motor sekitar enam tahun yang lalu. Saat itu di kecepatan 110an kilometer per jam (kmpj) saya menabrak pembatas jalan karena jalan minim penerangan, sedikit bergelombang, dan baru sekali itu saya melewati jalan tersebut (ngebutnya jangan ditiru,,hehe..). Akibat dari kecelakaan tersebut sepeda motor kesayangan saya yang baru berumur dua bulan sejak tanggal pembelian (kredit) hancur dengan bersisa mesin dan rangka saja namun alhamdulillah saya selamat dan hanya mengalami luka ringan (safety gear lengkap). Sepeda motor akhirnya saya masukkan bengkel resmi terdekat untuk diperbaiki sampai kondisinya baik dan normal lagi. Selang satu bulan sepeda motor saya selesai diperbaiki dengan biaya total hampir empat juta rupiah.

Sepeda motor saya pun akhirnya kembali normal dan siap pakai. Tetangga, teman, serta sanak saudara menyarankan saya untuk menjual motor saya itu dengan alasan takut mitos itu terjadi pada saya. Tanpa pikir panjang saya langsung menolak saran mereka dengan alasan motor saya masih belum lunas..hehehee..dan saya TIDAK PERCAYA mitos itu dan sampai dua tahun masa pemakaian sepeda motor itu, tidak pernah lagi saya mengalami kecelakaan karena memakai sepeda motor tersebut sampai akhirnya saya jual karena pengen naik kelas sepeda motor.

Nah dari kejadian yang saya alami itu dapat saya simpulkan bahwa sebaiknya kita tidak usah percaya mitos yang beredar di masyarakat tanpa dasar ilmu yang jelas. Selain akan merugikan kita dari sisi materi, hal-hal tersebut akan mengganggu keimanan kita sebagai umat beragama yang harus mengimani bahwa segala kejadian di dunia ini telah ditetapkan yang Maha Kuasa.

Sekian, selamat menunaikan ibadah sholat jumat bagi kaum muslimin dan semoga artikel dangkal ilmu ini bermanfaat.

Wassalamualaikum…

9 thoughts on “[Mitos] Motor “Harus” Dijual Setelah Kecelakaan??

  1. mungkin menjual motor “eks kecelakaan” secara ilmu pengetahuan lebih tepatnya mengembalikan kepercayaan diri pengendara dan menghilangkan trauma psikis. Tapi jika motor pengganti yang dibeli (dipakai) adalah jenis motor yang sama (misal jual jupe, eh beli jupe lagi) tentu tidak bisa menghilangkan trauma dan kembalikan percaya diri.
    tapi saya pribadi, apapun motornya baik itu “eks kecelakaan” sepanjang kita tidak trauma ya no problemo, justru bisa menjadi pengingat bagi kita harus selalu safety riding. Tentunya jika masih layak pakai.

  2. ya kalau soal kecelakaan atau tidaknya itu memang tergantung dari ridernya yang mengendarai-nya dan juga pengendara lain.
    Pokoknya berdoa saja pasti kita selamat sampai tujuan 😀

  3. sama mas aku jg pernah ngalami kecelakaan th 04 kt orang2 suruh jual tu mtr pdhl blm ada 2bln akhirny tak perbaiki sampe normal dan sampek juni 2012 tiger tak jual alhamdulillah g pernah kecelakaan lg

Tinggalkan Balasan

