Pilih Ganti Bohlam Lampu Utama yang Putus atau Tidak Safety dan Tilang????

image

Beberapa tahun ini telah diberlakukan aturan untuk selalu menyalakan lampu utama bagi pengendara sepeda motor. Tujuan pemberlakuan aturan ini adalah untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya yang sering melibatkan pengendara sepeda motor.
image

Di Provinsi Jawa Timur, himbauan menyalakan lampu utama bagi pengendara sepeda motor telah dimulai sejak tahun 2007. Saya yang waktu itu telah menjadi bagian dari perantau di Jawa Timur, patuh mengikuti himbauan dari Polda Jatim tersebut hingga sekarang telah diatur dalam UU Lalu-lintas yang baru. Bohlam yang menyala setiap kali sepeda motor digunakan berkendara tentu akan berakibat pada umur pakainya.
image

Untuk pengalaman saya sendiri dengan Honda Supra X 125 R dan Supra X 125 PGMFI, bohlam motor tersebut bisa bertahan sampai dengan 2 tahun-an dengan kondisi kelistrikan standar pabrik dan pemakaian harian saja. Nah, untuk harga sepasang bohlam lampu depan Supra X 125 berkode 34901KPH881 dapat ditebus seharga 54 ribu rupiah di Ahass terdekat maupun di toko spare part.
image

Cukup murah jika dibandingkan dengan denda tilang karena lampu utama tidak nyala yang mencapai 100 ribu rupiah..hehehehe…atau resiko lain karena tidak berfungsinya lampu utama sebagaimana mestinya.

Iklan

2 thoughts on “Pilih Ganti Bohlam Lampu Utama yang Putus atau Tidak Safety dan Tilang????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s