Cabut Berkas Motuba ke Samsat Gresik

Membeli mobil bekas di lain daerah atau di lain Provinsi memang sesuatu banget. Paling ribet adalah waktu mau membayar pajak tahunan mobil tersebut. Sobat semua tahu kan.. kalau kita mau membayar pajak kendaraan bermotor harus menyertakan fotokopi KTP/KK dan menunjukkan yang asli kepada petugas Samsat sesuai nama yang tertera di STNK selain membawa STNK yah tentunya.

Kalau pemilik lama berdomisili di Provinsi lain, biasanya pembayaran pajaknya bisa kita serahkan kepada biro jasa atau kita urus sendiri dengan konsekuensi memakan waktu,tenaga dan biaya lebih. :mrgreen:

So..kalo ada waktu buat mutasi kendaraan..lebih baik dimutasi aja…repot bentar tapi selanjutnya gak perlu bingung minjem KTP atau minta tolong biro jasa buat ngurus pembayaran pajak kendaraan. πŸ™‚

Nah, kali ini ane mau coba share pengalaman ane mengurus sendiri mutasi motuba ane di Kantor Samsat Gresik. Oiya, yang akan ane bahas di sini adalah proses cabut berkas dulu yah gan..hehehe… πŸ™‚

Berikut tahapan-tahapan dalam proses cabut berkas di Kantor Samsat Gresik:

1. Berdoa dulu dan siapkan uang πŸ™‚

2. Siapkan STNK,Β  BPKB, Kuitansi pembelian bermeterai 6000Β  (asli),Β  2 rangkap fotokopi STNK dan BPKB, kuitansi pembelian dan 1 buah stop map.. ,lalu…

* fotokopi 2 rangkap ane maksudkan untuk diserahkan ke petugas Samsat 1 set dan yang satunya buat arsip ajah πŸ™‚

3. Berkas siap di dalam stop map lalu kita serahkan kepada petugas gudang arsip untuk dicari berkas2 terkait keabsahan surat2 kendaraan kita, lalu…

4. Dari gudang arsip kita akan diarahkan ke loket pendaftaran dan selanjutnya ke loket cek fisik untuk diberi kertas gesek. Lalu petugas loket cek fisik memerintahkan petugas cek fisik untuk gesek nomor rangka n nomor mesin kendaraan..setelah selesai maka kertas gesek itu tadi kita jadikan satu untuk kita serahkan lagi ke loket cek fisik dan diperiksa petugas loket.

*cek fisik Gratis

5. Selesai dicek petugas loket cek fisik, berkas kita serahkan ke loket fiskal untuk nantinya dibuatkan Surat Keterangan Fiskal dan di loket ini juga kita akan diwajibkan melunasi tunggakan pajak kendaraan dulu (jika ada tunggakan pajak).

* Surat Keterangan Fiskal difotokopi rangkap 5 biar mantab, hehe :mrgreen:

6. Terakhir, berkas kita serahkan kepada petugas di loket mutasi keluar dan kita akan diberi Surat Keterangan Pengganti STNK dilampiri fotokopi Surat Keterangan FiskalΒ  yang gunanya sebagai pengganti STNK biar kita tetep legal membawa kendaraan di jalan raya.

* disebut juga dengan surat jalan

Nah.. demikianlah tahapan2 yang ane lalui selama proses cabut berkas motuba di Samsat Gresik hari Sabtu tanggal 23 Juni kemarin dan berikut ini adalah rincian biaya yang harus ane keluarken:

1. BBM motuba 150 rb rp

2. Air minum dan snack 20 rb rp

3. Fotokopi BPKB, STNK, Kuitansi, dan beli map serta meterai habis 15 rb rp

4. Parkir di Samsat 2 rb rp

Total biaya hanya 187 ribu rupiah..hehehe :mrgreen:

Nah..kalo biaya nettnya di Samsat cuma habis 17 ribu saja gan…buat potokopi dll n parkir aja πŸ™‚

Sekian.. semoga berguna… πŸ™‚

Tanpa Lampu Utama? Ini Salah Satu Akibatnya

Β 

Modifikasi sepeda motor sebetulnya sah-sah saja sepanjang masih aman untuk dikendarai dan tidak bertentangan dengan undang2 lalu-lintas atau jika ingin ekstrim misalnya dalam rangka mengikuti kontes modifikasi maka tentunya haram untuk dikendarai di jalan raya.

Namun entah mengapa masih ada sejumlah biker yang memodifikasi motornya tanpa pertimbangan unsur keamanan dan kenyamanan serta jelas2 melanggar aturan seperti rekan ngopi saya di kampung yang satu ini…mencopot headlamp bebeknya sodara-sodara :mrgreen:

Akibatnya..minggu kmarin…malem-malem saat riding mau pulang ke rumah dari acara ngopi2 di warung….saat melewati turunan berkelok yang sedang ada perbaikan jalan di situ…dia lupa bahwa ada gundukan batu koral di jalan yang sedang diperbaiki itu… dan bruuuuuuaaaakkkk… dia menabrak gundukan batu koral sampe jumpalitan…motor hancur, tulang betis retak…. hmmmmm…..

Oiya…saya pas nggak ikut ngopi malem itu…jadi kisah ini saya dengar dari sodaranya.. πŸ™‚

Gak ada maksud nyukurin temen saya atas musibah ini…hanya ingin mengingatkan kepada sobat sekalian bahwa patuhilah peraturan lalu-lintas demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain. Ada harga dan resiko mahal yang harus kita bayar jika karena ulah nakal kita mengakibatkan kerugian untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sekian..salam… πŸ™‚