Cabut Berkas Motuba ke Samsat Gresik

Membeli mobil bekas di lain daerah atau di lain Provinsi memang sesuatu banget. Paling ribet adalah waktu mau membayar pajak tahunan mobil tersebut. Sobat semua tahu kan.. kalau kita mau membayar pajak kendaraan bermotor harus menyertakan fotokopi KTP/KK dan menunjukkan yang asli kepada petugas Samsat sesuai nama yang tertera di STNK selain membawa STNK yah tentunya.

Kalau pemilik lama berdomisili di Provinsi lain, biasanya pembayaran pajaknya bisa kita serahkan kepada biro jasa atau kita urus sendiri dengan konsekuensi memakan waktu,tenaga dan biaya lebih. :mrgreen:

So..kalo ada waktu buat mutasi kendaraan..lebih baik dimutasi aja…repot bentar tapi selanjutnya gak perlu bingung minjem KTP atau minta tolong biro jasa buat ngurus pembayaran pajak kendaraan. πŸ™‚

Nah, kali ini ane mau coba share pengalaman ane mengurus sendiri mutasi motuba ane di Kantor Samsat Gresik. Oiya, yang akan ane bahas di sini adalah proses cabut berkas dulu yah gan..hehehe… πŸ™‚

Berikut tahapan-tahapan dalam proses cabut berkas di Kantor Samsat Gresik:

1. Berdoa dulu dan siapkan uang πŸ™‚

2. Siapkan STNK,Β  BPKB, Kuitansi pembelian bermeterai 6000Β  (asli),Β  2 rangkap fotokopi STNK dan BPKB, kuitansi pembelian dan 1 buah stop map.. ,lalu…

* fotokopi 2 rangkap ane maksudkan untuk diserahkan ke petugas Samsat 1 set dan yang satunya buat arsip ajah πŸ™‚

3. Berkas siap di dalam stop map lalu kita serahkan kepada petugas gudang arsip untuk dicari berkas2 terkait keabsahan surat2 kendaraan kita, lalu…

4. Dari gudang arsip kita akan diarahkan ke loket pendaftaran dan selanjutnya ke loket cek fisik untuk diberi kertas gesek. Lalu petugas loket cek fisik memerintahkan petugas cek fisik untuk gesek nomor rangka n nomor mesin kendaraan..setelah selesai maka kertas gesek itu tadi kita jadikan satu untuk kita serahkan lagi ke loket cek fisik dan diperiksa petugas loket.

*cek fisik Gratis

5. Selesai dicek petugas loket cek fisik, berkas kita serahkan ke loket fiskal untuk nantinya dibuatkan Surat Keterangan Fiskal dan di loket ini juga kita akan diwajibkan melunasi tunggakan pajak kendaraan dulu (jika ada tunggakan pajak).

* Surat Keterangan Fiskal difotokopi rangkap 5 biar mantab, hehe :mrgreen:

6. Terakhir, berkas kita serahkan kepada petugas di loket mutasi keluar dan kita akan diberi Surat Keterangan Pengganti STNK dilampiri fotokopi Surat Keterangan FiskalΒ  yang gunanya sebagai pengganti STNK biar kita tetep legal membawa kendaraan di jalan raya.

* disebut juga dengan surat jalan

Nah.. demikianlah tahapan2 yang ane lalui selama proses cabut berkas motuba di Samsat Gresik hari Sabtu tanggal 23 Juni kemarin dan berikut ini adalah rincian biaya yang harus ane keluarken:

1. BBM motuba 150 rb rp

2. Air minum dan snack 20 rb rp

3. Fotokopi BPKB, STNK, Kuitansi, dan beli map serta meterai habis 15 rb rp

4. Parkir di Samsat 2 rb rp

Total biaya hanya 187 ribu rupiah..hehehe :mrgreen:

Nah..kalo biaya nettnya di Samsat cuma habis 17 ribu saja gan…buat potokopi dll n parkir aja πŸ™‚

Sekian.. semoga berguna… πŸ™‚

Iklan

19 thoughts on “Cabut Berkas Motuba ke Samsat Gresik

  1. proses pengurusan cabut berkas di samsat kurleb 2 s.d. 3 jam termasuk antre2 yah..hehehe..
    setelah itu kita akan diberikan surat jalan sebagai pengganti stnk yang masa berlakunya selama 1 bulan terhitung sejak tanggal berkas diterima samsat lama
    selanjutnya, kita akan diberikan nomor kontak person petugas samsat untuk konfirmasi waktu pengambilan berkas cabutan yang telah diacc samsat (biasanya 2 s.d. 3 minggu sejak pencabutan berkas)
    setelah ada kepastian bahwa berkas cabutan sudah selesai, maka kita ambil berkas tersebut ke samsat lama/samsat asal itu tadi (tempat kita mengurus cabut berkas) untuk selanjutnya kita urus mutasi masuk ke smsat baru.. demikian kurang lebihnya mas.. cmiiw πŸ™‚

  2. Wih, lama juga ya 2 s/d 3 jam,, itu om dateng dari jam brapa? rencanaku besok senin pagi mau ngurus cabut berkas di samsat gresik juga om..

  3. 2. Sd. 3 jam itu proses potokopi, nunggu di gudang berkas, cek pisik, dst mas…hehehe…dulu dateng stengah 10…slese hampir jam 12an

  4. Akhirnya sya sudah berhasil mutasi keluar/cabut berkas di samsat gresik, ternyata prosesnya mudah dan tidak ribet, hanya memang butuh waktu untuk mengantri dan bolak-balik dari kantor bersama samsat gresik ke samsat sim gresik.

    Total waktu yg sya habiskan 2 jam (08.00 s/d 10.00), sya sarankan datang pagi karena yg ngantri sudah banyak walaupun loket belum dibuka. Total biaya untuk mutasi keluar 481.000 untuk bayar kurang pajak selama 7 bln. Selebihnya sama dengan om rony utk biaya nett di samsat.

    Trims banyak infonya om yg sangat berguna terutama bagi saya yg awam dengan hal ini dan jadi termotivasi untuk mengurus sendiri tanpa menggunakan jasa calo.

    Oya, apa ada sharing utk proses mutasi masuknya om?? Ditunggu sharing selanjutnya.. πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s