Tarif PPNBM Naik, Yamaha Batal Jual Moge di Indonesia

Yamaha memang tengah
mempersiapkan 4 moge untuk diluncurkan di
Tanah Air. Keempat motor itu adalah Yamaha R1,
R6, TMax dan VMax yang dikabarkan akan
meluncur akhir tahun ini.
Tapi pecinta moge Yamaha di Indonesia harus
bersabar, sebab Yamaha tidak jadi meluncurkan 4
moge itu di tahun ini.
“Moge bisa jadi mundur lagi jadi tidak tahun ini,”
tegas General Manager Marketing Communication
& Community Development PT YIMM, Eko
Prabowo di sela-sela acara Halal Bihalal Yamaha
dengan media di Citos, Jakarta Selatan
(23/8/2013).
Sebelumnya Eko menuturkan tidak ada lagi motor
baru Yamaha yang akan diluncurkan tahun ini.
Eko menambahkan, selain ada beberapa hal yang
belum siap mundurnya peluncuran moge-moge
itu dikarenakan pajak Penjualan Barang Mewah
(PPnBM) untuk mobil mewah Complety Buit Up
(CBU) telah dinaikkan oleh pemerintah dari 125
persen hingga 150 persen.
Selama ini tarif PPnBM roda dua berkapasitas
silinder lebih dari 500 cc pada angka 75 persen.
“Kalau melihat PPnBM naik lagi seperti ini bisa
jadi mundur karena faktor ini. Masalahnya
naiknya itu bukan hanya 2 persen atau beberapa
persen, kenaikannya cukup drastis,” pungkasnya.
Sumber: detik.com

Cabut Berkas Motuba ke Samsat Gresik

Membeli mobil bekas di lain daerah atau di lain Provinsi memang sesuatu banget. Paling ribet adalah waktu mau membayar pajak tahunan mobil tersebut. Sobat semua tahu kan.. kalau kita mau membayar pajak kendaraan bermotor harus menyertakan fotokopi KTP/KK dan menunjukkan yang asli kepada petugas Samsat sesuai nama yang tertera di STNK selain membawa STNK yah tentunya.

Kalau pemilik lama berdomisili di Provinsi lain, biasanya pembayaran pajaknya bisa kita serahkan kepada biro jasa atau kita urus sendiri dengan konsekuensi memakan waktu,tenaga dan biaya lebih. :mrgreen:

So..kalo ada waktu buat mutasi kendaraan..lebih baik dimutasi aja…repot bentar tapi selanjutnya gak perlu bingung minjem KTP atau minta tolong biro jasa buat ngurus pembayaran pajak kendaraan. πŸ™‚

Nah, kali ini ane mau coba share pengalaman ane mengurus sendiri mutasi motuba ane di Kantor Samsat Gresik. Oiya, yang akan ane bahas di sini adalah proses cabut berkas dulu yah gan..hehehe… πŸ™‚

Berikut tahapan-tahapan dalam proses cabut berkas di Kantor Samsat Gresik:

1. Berdoa dulu dan siapkan uang πŸ™‚

2. Siapkan STNK,Β  BPKB, Kuitansi pembelian bermeterai 6000Β  (asli),Β  2 rangkap fotokopi STNK dan BPKB, kuitansi pembelian dan 1 buah stop map.. ,lalu…

* fotokopi 2 rangkap ane maksudkan untuk diserahkan ke petugas Samsat 1 set dan yang satunya buat arsip ajah πŸ™‚

3. Berkas siap di dalam stop map lalu kita serahkan kepada petugas gudang arsip untuk dicari berkas2 terkait keabsahan surat2 kendaraan kita, lalu…

4. Dari gudang arsip kita akan diarahkan ke loket pendaftaran dan selanjutnya ke loket cek fisik untuk diberi kertas gesek. Lalu petugas loket cek fisik memerintahkan petugas cek fisik untuk gesek nomor rangka n nomor mesin kendaraan..setelah selesai maka kertas gesek itu tadi kita jadikan satu untuk kita serahkan lagi ke loket cek fisik dan diperiksa petugas loket.

*cek fisik Gratis

5. Selesai dicek petugas loket cek fisik, berkas kita serahkan ke loket fiskal untuk nantinya dibuatkan Surat Keterangan Fiskal dan di loket ini juga kita akan diwajibkan melunasi tunggakan pajak kendaraan dulu (jika ada tunggakan pajak).

* Surat Keterangan Fiskal difotokopi rangkap 5 biar mantab, hehe :mrgreen:

6. Terakhir, berkas kita serahkan kepada petugas di loket mutasi keluar dan kita akan diberi Surat Keterangan Pengganti STNK dilampiri fotokopi Surat Keterangan FiskalΒ  yang gunanya sebagai pengganti STNK biar kita tetep legal membawa kendaraan di jalan raya.

* disebut juga dengan surat jalan

Nah.. demikianlah tahapan2 yang ane lalui selama proses cabut berkas motuba di Samsat Gresik hari Sabtu tanggal 23 Juni kemarin dan berikut ini adalah rincian biaya yang harus ane keluarken:

1. BBM motuba 150 rb rp

2. Air minum dan snack 20 rb rp

3. Fotokopi BPKB, STNK, Kuitansi, dan beli map serta meterai habis 15 rb rp

4. Parkir di Samsat 2 rb rp

Total biaya hanya 187 ribu rupiah..hehehe :mrgreen:

Nah..kalo biaya nettnya di Samsat cuma habis 17 ribu saja gan…buat potokopi dll n parkir aja πŸ™‚

Sekian.. semoga berguna… πŸ™‚

Tanpa Lampu Utama? Ini Salah Satu Akibatnya

Β 

Modifikasi sepeda motor sebetulnya sah-sah saja sepanjang masih aman untuk dikendarai dan tidak bertentangan dengan undang2 lalu-lintas atau jika ingin ekstrim misalnya dalam rangka mengikuti kontes modifikasi maka tentunya haram untuk dikendarai di jalan raya.

Namun entah mengapa masih ada sejumlah biker yang memodifikasi motornya tanpa pertimbangan unsur keamanan dan kenyamanan serta jelas2 melanggar aturan seperti rekan ngopi saya di kampung yang satu ini…mencopot headlamp bebeknya sodara-sodara :mrgreen:

Akibatnya..minggu kmarin…malem-malem saat riding mau pulang ke rumah dari acara ngopi2 di warung….saat melewati turunan berkelok yang sedang ada perbaikan jalan di situ…dia lupa bahwa ada gundukan batu koral di jalan yang sedang diperbaiki itu… dan bruuuuuuaaaakkkk… dia menabrak gundukan batu koral sampe jumpalitan…motor hancur, tulang betis retak…. hmmmmm…..

Oiya…saya pas nggak ikut ngopi malem itu…jadi kisah ini saya dengar dari sodaranya.. πŸ™‚

Gak ada maksud nyukurin temen saya atas musibah ini…hanya ingin mengingatkan kepada sobat sekalian bahwa patuhilah peraturan lalu-lintas demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain. Ada harga dan resiko mahal yang harus kita bayar jika karena ulah nakal kita mengakibatkan kerugian untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sekian..salam… πŸ™‚

Tekan Jumlah Laka Lantas, Pemkot Solo Larang Pelajar Nyetir Kendaraan ke Sekolah

image

Pemkot Solo mengeluarkan aturan bahwa para
pelajar dilarang mengendarai kendaraan ke sekolah yang berlaku bagi pelajar SMP, SMA, dan SMK, berusia
di bawah 17 tahun dan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan agar efektif diberlakukan, Pemkot berkerja sama
dengan Polresta Solo.

β€œPilot project mulai 2 Mei. Siswa di SMK 2 Solo sudah melaksanakan
aturan tersebut. Selama ini aturan itu sudah ada dalam bentuk Surat
Edaran (SE) tetapi kurang efektif, sehingga Pemkot Solo melakukan
penandatanganan kerja sama dengan Polresta Solo,” jelas Wali Kota
Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Solo, Rabu (1/5/2013).

image

Menurut Rudy, aturan itu akan diterapkan pada 10 sekolah lain mulai
SMP hingga SMA/SMK di Kota Solo. Pemkot Solo telah melakukan
pendekatan dan komunikasi dengan sekolah terkait penerapan
aturan tersebut.

β€œHal ini tidak ada kaitannya dengan pengurangan kemacetan arus lalu
lintas, tetapi lebih kepada kepatuhan pelajar terhadap Undang-
Undang (UU) Lalu Lintas,” katanya.

Dengan diberlakukannya aturan itu, Pemkot Solo akan menambah 10
armada bus umum termasuk bus sekolah untuk melayani para
pelajar. Pelarangan menggunakan sepeda motor saat beraktivitas ke
sekolah, efektif berlaku mulai 7 Mei di 10 sekolah.
Sementara itu, Kapolresta Solo, Kombes Pol Asdjima’in, mengatakan,
pelajar di Solo mulai sadar untuk menaati peraturan lalu lintas.
Dengan larangan menggunakan kendaraan bermotor bagi pelajar,
diharapkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.

image

β€œAngka kecelakaan lalu lintas untuk sepeda motor di Solo, rata-rata
per hari dua kasus. Sedangkan jumlah pelanggar lalu lintas yang
ditilang dalam satu hari rata-rata mencapai 100 hingga 150
pelanggar,” jelasnya.

Asdjima’in menambahkan, penandatanganan kerja sama Pemkot Solo
dengan Polresta Solo, diharapkan menjadi langkah preventif untuk
mengurangi kasus pelanggaran lalu lintas terutama kalangan pelajar.

β€œKalau ada pelajar yang melanggar aturan, kami juga akan
melaporkannya ke sekolah. Agar sekolah bisa turut bertanggung
jawab, ini bentuk komitmen sekolah terhadap penegakan aturan,”
pungkasnya.
sumber: okezone.com
Pic: mbah google

Nampaknya langkah walikota Solo untuk menekan angka kecelakaan yang makin tinggi patut diapresiasi dan dicontoh daerah lain gan. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dengan membiarkan para pelajar yang belum punya sim berkendara di jalan raya sama juga dengan pembiaran terhadap pelanggaran aturan lalu lintas dan tidak mendidik para pelajar… 😦
Makin tingginya angka kecelakaan yang melibatkan para pelajar yang tidak/belum punya SIM tentu membuat kita prihatin. Hal ini terjadi karena kesadaran dan kemampuan berkendara yang rata2 masih asal2an serta gejolak jiwa muda yang belum terkendali sebagai awal tingkah laku ugal2an, tidak hati2, dan sebagainya πŸ™‚
Semoga bermanfaat gan… πŸ™‚

Tidak Mengubah Setting Jaringan, Pulsa Utama pun Keok

image

Kemarin siang saat melakukan panggilan via hape ke rekan kerja di Kediri, baru 10 detik langsung putus sendiri pertanda pulsa habis.. :mrgreen: . Lalu cek pulsa ternyata benar saldonya sebesar nol rupiah.
Saldo pulsa nol rupiah bisa terjadi karena pemakaian internet..alias pulsa terpakai untuk akses internet. Kalo sekedar untuk pesan dan panggilan biasanya masih ada sisa meski beberapa rupiah saja. Oh iya, saya kebetulan pake simnya telkomsel simpati.
Untuk keperluan selancar dunia maya, saya berlangganan paket 2 GB dengan biaya enam puluh ribu rupiah dengan kuota 1 GB dan kuota tambahan di jaringan 3G sebesar 1 GB. Maksudnya adalah setelah paket diaktifkan, maka konsumen langsung bisa menikmati internet cepat di jaringan 3.5 G aka HSDPA dengan kuota 1 GB dan setelah kuota habis maka konsumen harus mengubah settingan jaringan ke 3G saja.

image

Karena tadinya nggak tau harus seperti itu… (taunya seelah nelpon ke 188-nya telkomsel simpati)….ixixxi :hammer: :mrgreen: beberapa bulan belakangan saya sering kehabisan pulsa utama dan ujung2nya adalah pemborosan…ixixxi :mrgreen:
Nah, jika ada sobat sekalian konsumen paket internet simpati jangan sampai mengalami kejadian seperti kebodohan saya ini.. :mrgreen: …maka kesimpulan agar tidak kebobolan pulsa utamanya langkah2nya cukup mudah antara lain:
1. Rajin cek sisa quota internet dan pulsa utama
2. Jika kuota internet di jaringan 3.5 G habis dan masih ada sisa kuota di jaringan 3G, maka segera ubah setting jaringan menjadi 3G atao GSM saja.. jangan biarkan di WCDMA.
Sekian…semoga bermanfaat… πŸ™‚

Melanggar Lalu-lintas dan Mengumpat Polisi, Oknum Pelajar Mendapat “Hadiah”

image

Tiga pelajar SMK Negeri Tuban dihukum
mendorong motor sejauh 1 kilometer menuju Mapolres Tuban, dan
menghafalkan isi teks Pancasila karena berboncengan 3 lewat Jalan Pramuka berpapasan dengan
Musa (anggota Satlantas Polres Tuban), diperingatkan malah nantang
bilang danc**,” kata Edy Purnomo, seorang saksi mata.
Merasa dihina, Iptu Musa yang menjabat Kanit Pengatur Jalan,
Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Satlantas Polres Tuban, langsung
membalikkan laju motornya untuk mengejar para pelajar yang masih
memakai seragan sekolah tersebut.
Aksi kejar-kejaran pun sempat terjadi hingga menuju Jalan Basuki
Rahmat. Namun ketiga pelajar tersebut akhirnya tertangkap karena
salah mengambil jalan sempit di Kelurahan Ronggomulyo.
Untuk memberi efek jera, ketiga pelajar tersebut kemudian digiring ke
Mapolres Tuban. Namun mereka dilarang mengendarai motornya,
melainkan harus mendorongnya sejauh 1 kilometer.
“Intinya mereka melanggar lalu lintas boncengan 3 dan tidak memakai
helm, tapi hanya kita bina tanpa kita beri tilangan,” ujar Iptu Musa
kepada wartawan.
Selain Mendorong sepeda motor, ketiga pelajar itu juga diberi
hukuman menghafal Pancasila sambil berdiri di atas motor. Setelah
hafal Pancasila, polisi menyuruh mereka kembali pulang.
“Sudah melanggar aturan lalu lintas, berkata kotor, teks Pancasila pun
tidak hapal. Tapi ini tidak kita tilang, hanya kita beri pembinaan saja,”
tandas Musa.

Sumber : detik.com

Pelajar yang memprihatinkan…andai saya jadi Iptu Musa..saya tambahkan lagi hukumannya…misal nyapu2 halaman mapolres atau suruh lari keliling halaman mapolres sebanyak 10 kali… :mrgreen:
Kok kayaknya makin sering baca,liat,n denger pelajar yang tak bermoral..hmmm…semoga lekas mendapat hidayah ajah πŸ™‚