Karburator Bisa Ambrol Jika Sering Dibongkar

Beberapa kali main ke bangkel dekat rumah yang merupakan bengkel ndeso, saya seringkali menjumpai sepeda motor berumur di atas 10 tahun yang sudah soak drat bautnya. Dari umurnya memang wajar jika sudah harus dilakukan penggantian karena beberapa bagian sudah aus.
Karburator yang sudah soak ini menurut juragan bengkel disebabkan oleh seringnya dibongkar pasang dan dengan cara yang kurang tepat, selain karena faktor umur. Perawatan dan perlakuan yang keliru juga bisa menyebabkan ambrolnya karburator sepeda motor, misalnya saat kondisi diam tuas gas ditarik ulur buat mainan dan sebagainya.
Akibat ambrolnya karburator antara lain borosnya bbm, stasioner kacau, bensin rembes keluar karbu, dan motor susah dihidupkan mesinnya.
Solusi singkat namun agak mahal untuk mengatasi soaknya karburator ini adalah dengan menggantinya. Bisa dengan produk asli bawaan pabriknya baru maupun bekas, atao memakai merk pasaran kualitas kw.
Bagi para sobat yang sepeda motornya masi menggunakan karburator untuk pengkabutan bbmnya, maka biar karburator tetap awet cukup dibersihkan dengan penyemprotan karburator cleaner seperlunya dan jangan main puntir gas saat mesin mati. Karburator mungkin cukup dibongkar kalau ada setelan yang kurang pas, dan cukup dibongkar setiap 10.000 km saja.
Demikian tulisan saya, kalau ada yang kurang tepat monggo dikoreksi.
Salam…

Mudahnya Menjual Supra X 125 di Desa

Gambar

pic:AHM

Raja bebek dari AHM ini memang harus diakui berjaya di penjualan baru maupun seken/rondonya. Harga bekas Supra X 125 yang masih terbilang tinggi (terutama untuk warna favorit yaitu hitam n merah) di pasaran tak menyurutkan pecinta Supra X 125 yang kantongnya pas-pasan untuk meminangnya.

Di desa saya.. Supra X 125  CW Tahun 2007 akhir saja masih ditawarkan 9 jutaan..bisa nego paling yah 8,5 jutaan baru dilepas sama pemilik. So, kalo pengen punya motor bebek yang pasarannya bagus bisa meminang Supra X 125… :mrgreen: meski pada dasarnya niatan beli motor baru memang bukan untuk dijual lagi.. :mrgreen:

Mudahnya menjual Supra X 125 ini saya alami beberapa kali. Tepatnya sudah tiga kali menjual Supra X 125 bekas saya sendiri tentunya :smile:…. bahkan tanpa usah ditawar-tawarkan ke orang lain, nih motor udah banyak yang nyari..dengan catatan kondisinya bagus n masih ori.

Adalah hari sabtu tanggal 20 April kemarin..waktu saya mencucikan Supra X 125 CW tahun 2009 kesayangan..eee..tau-tau ada yang minat..langsung bilang berani beli 10,5 juta ! 😯 ..lebay..hahaha :mrgreen: dan tanpa banyak berbasa-basi akhirnya dengan terpaksa saya lepas Supra kesayangan ke pembeli dadakan itu.. 🙂 Transaksi cash aja karena hari sabtu..hihihi..

Yah itulah sekelumit cerita tentang mudahnya menjual Supra X 125 terutama di desa..xixixi… :mrgreen:

Supra Pgmfi Gak Takut Aki Tekor dan Irit BBM….

image

Well…hari ini…seperti biasa saya mudik ke kampung halaman. Biasanya saya selalu nyetir motuba, namun kali ini saya nunggang bebek pgmfi yang sering mangkrak di garasi karena jarang kepake. Sempet tekor akinya karena beberapa minggu kedinginan di garasi tanpa sekalipun dipanasin…xiixxixi…
Khawatir aki rusak n harus ganti karena ni tanggal tua sempet menghampiri pikiran saya..hehehe..saya putuskan untuk ngengkol kick starter aja n ndilalah kick starternya gak ada…baru inget kalo dulu saya copot..hadeh..bingung deh… Akhirnya saya coba start mesin ala sembalap…on-kan kunci kontak…dorong agak kencang trus segera saya naik k atas jok daaann segera saya masukkan ke gigi 1….alhamd..mesin nyala…
Lima menitan saya panasin…matiin mesin…trus nyalain lagi…alhamd langsung mak jreeeenggg….bergegas ke Ahass langsung minta cek aki alhamd aki amaaaannn…gak harus ganti…sekalian servis rutin,ganti oli pake Spx,carbon cleaning mesin,cuci bersih…bergegas pulang mampir beres Yamaha beli Yamalube Carbon Cleaner n langsung isikan…mampir spbu isi pertamax full…
Perasaan tenang…perjalanan mudik pun dimulai…dari Kab. Nganjuk menuju desa di Kab. Blora, Jawa Tengah…dengan Bb saya sekitar 80an kilogram n spek supra pgmfi standar…kecepatan rata2 80 kmpj dengan medan jalan bervariasi… Supra pgmfi kesayangan hanya nenggak pertamax 15 ribu rupiah sampe rumah…total jarak tempuh sekitar 104 kilometer…. Irit yah..hehehe…
Berikut gambar2nya…
image

image

image